Take a fresh look at your lifestyle.

Kejadian Kriminal Turun Tapi Kecelakaan Meningkat

160

– Rilis Akhir Tahun Polres Pekalongan

KAJEN- Berdasarkan catatan Kepolisian Resor Pekalongan, kejadian kriminalitas di Kota Santri mengalami penurunan sementara kecelakaan justru meningkat selama setahun yang lalu. Hal tersebut sebagaimana disampaikan dalam kegiatan Konferensi Pers Akhir Tahun 2019 di Aula Mapolres Pekalongan kemarin.
Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, dengan didampingi Wakapolres Pekalongan Kompol Mashudi menyampaikan, berdasarkan data sepanjang tahun 2019 telah terjadi 188 kasus kriminal. Angka ini menurun sebanyak 18 kasus dari tahun 2018 lalu sebanyak 206 kasus. Kasus kriminal ini diantaranya meliputi pencurian pemberatan (curat), pencurian kekerasan (curas), penipuan, pencabulan hingga korupsi.
“Untuk kasus menonjol yang berhasil kami ungkap diantarannya yakni pembobolan 18 TKP toko ritel berjejaring dan pengungkapan kasus pembunuhan dalam karung kurang dari 24 jam,” katanya.
Kapolres mengungkapkan, untuk jumlah pengungkapan kasus narkoba sepanjang tahun 2019 ada 28 kasus sedangkan pada tahun 2018 ada 28 kasus. Sementara dari data yang ada, kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lantas) justru mengalami peningkatan.
“Pada tahun 2019 terdapat 252 kejadian dengan korban meninggal 37 orang, luka berat 17 orang dan luka ringan 277 orang. Kenaikan laka lantas itu sebanyak 15 kejadian dibandingkan tahun 2018,” ucap AKBP Aris.
Lebih lanjut Kapolres Pekalongan mengingatkan kepada seluruh personel agar terus menggiatkan pelaksanaan patroli karena hal tersebut sangat berperan dalam upaya menekan gangguan kamtibmas serta mencegah niat dari para pelaku tindak kejahatan untuk melancarkan aksinya.
“Untuk Satuan Lalu Lintas, Sabhara dan Polsek jajaran, saya berpesan agar tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tingkatkan patroli pada jam dan lokasi rawan kemacetan serta rawan laka lantas guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas khususnya di wilayah hukum Polres Pekalongan,” pesannya. (H79)

BERITA LAINNYA