Take a fresh look at your lifestyle.

Kecamatan Margadana Bentuk Relawan Penggali Kubur

90

TEGAL – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Margadana, Kota Tegal, membentuk relawan penggali kubur, menyusul tingginya angka kematian akibat Pandemi Covid-19. Hal ini terungkap, saat dilakukan koordinasi lintas sektoral, baru-baru ini.

Camat Margadana, Cipto Darsono menyebut, pembentukan relawan tersebut digagas atas banyaknya masukan dari warga akan tingginya permintaan proses pemakaman di masa normal baru. Bahkan, beberapa kali di wilayahnya dilakukan pemakaman secara protokol penanganan Covid.

Menurut Cipto, pihaknya juga akan membentuk tim edukasi, yang bertugas khusus memberikan penjelasan kepada ahli waris. Sebab, tidak dipungkiri masih banyak masyarakat yang belum memahami betul proses penanganan pemakaman jenazah pada masa pandemi.

“Selain dibentuk karena jumlah kasusnya banyak, kita juga perlu mengedukasi masyarakat. Bagaimana tata lakasana pemakaman pada masa pandemi seperti ini. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, relawan ini nantinya dibentuk juga melibatkan tokoh masyarakat setempat,” pungkas Cipto.

Dalam koordinasi tersebut, dilakukan pula rapat pemetaan wilayah menghadapi musim hujan di wilayah Margadana. Sebab, beberapa tahun belakang wilayah barat Pantura Jawa Tengah ini kerap menjadi langganan bencana alam khususnya banjir.

“Rapat koordinasi ini untuk membentuk relawan penggali kubur. Sekaligus pemantapan persiapan memasuki musim penghujan. Kita siapkan posko, berikut tempat pengungsian dan dapur umum, jika dibutuhkan,” tandasnya. (*)

BERITA LAINNYA