Take a fresh look at your lifestyle.

Kawanan Perampok Nasabah Bank Diringkus, Tiga Pelaku Ditembak

168

BREBES – Kawanan pelaku perampokan nasabah bank yang beroperasi di wilayah Kabupaten Brebes dan beberapa kota di Jateng berhasil diringkus tim Resmob Satreskrim Polres Brebes, Jumat siang (6/9). Lantaran melawan saat ditangkap, tiga dari empat anggota kawanan perampok tersebut terpaksa ditembak petugas.

Keempat pelaku perampokan itu adalah Nuridin (30) warga Karawang Jabar,
Gery (31) warga Lampung, Angga Junika (28) warga Bengkulu dan Andi (43) warga Lampung. Tiga pelaku Gery (31), Angga Junika (28) dan Andi (43) terpaksa dihadiahi timah panas oleh petugas lantaran melakukan perlawanan saat akan diringkus.

Penangkapan keempat pelaku tersebut dipimpin langsung Kanit 1 Satreskrim Polres Brebes, Aiptu Titok A Pramono. Petugas berhasil meringkus keempat orang ini saat mereka berada di kompleks Bank Jateng Cabang Kota Pekalongan. Diduga mereka sedang mengintai calon korban untuk digasak uangnya.

“Keempat pelaku ini residivis kasus perampokan. Mereka merupakan satu komplotan dan masuk dalam kelompok Lampung dari Bengkulu,” kata Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono melalui Kasat Reskrim AKP Tri Agung Suryomicho.

Dia mengatakan, keempat pelaku tersebut terakhir kali beraksi di wilayah Brebes pada akhir Agustus lalu. Mereka merampok seorang kepala sekolah SDN Lengkong 02 usai mengambil uang di bank. Uang milik sekolahnya senilai Rp 52 juta berhasil di bawa kabur. Aksi perampokan itu terjadi ruas jalan Brebes – Jatibarang. “Modus kelompok ini dengan memecah kaca mobil korbannya. Sebelumnya, korban dikuitit terlebih dahulu sejak berada di bank,” terangnya.

Menurut dia, setiap anggota kawanan itu memiliki peran masing-masing. Ada yang berperan mengemudikan kendaraan yang dipakai saat beraksi, menggambar lokasi dan memantau korban saat di dalam bank hingga eksekutor yang membuntuti korban dari belakang. “Dari tangan para pelaku ini, kami juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seeprti uang tunai, beberapa buku rekening tabungan, beberapa smartphone dan sejumlah tas milik pelaku,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, lanjut Kasat, pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengn pemberatan dengan hukuman 7 tahun penjara. Ketiga pelaku sempat dilarikan ke IGD RSUD Brebes sebelum dijebloskan di tahanan Mapolres Brebes.

Seperti diberitakan sebelumnya, nasib apes menimpa Mahyarudin (58) Kepala SD Negeri 2 Lengkong Kabupaten Brebes. Dia kehilangan uang sebesar Rp 52 juta yang rencananya digunakan untuk rehab ruang sekolah. Uang itu padahal baru diambil di Bank Jateng di sekitar alun-alun Brebes, Jumat siang (23/8) sekitar pukul 10.30 WIB itu.

Uang itu disimpan di tas di bangku jok mobil Avanza bewarna hitam pada bagian depan raib dicuri. Sebelum mengambil tas berisi uang, pencuri memecahkan kaca bagian depan sebelah kiri. Adapun lokasi kejadian berada di Jalan Raya Terlangu-Jatibarang, Brebes.

(Setiawan/ red2)

BERITA LAINNYA