Take a fresh look at your lifestyle.

Kawanan Copet Bersaudara Dibekuk

142

* Beroperasi Saat Ada Keramaian di Sejumlah Kota

TEGAL – Kawanan copet yang anggotanya masih satu kerabat atau masih ada hubungan keluarga, dan berjumlah lima orang, dibekuk Tim Resmob dan Tim Unit II Sat Reskrim Polres Tegal Kota.

Tak hanya masih ada hubungan keluarga, anggota kawanan kriminal itu, empat di antaranya adalah wanita. Yakni, tiga wanita adalah ibu rumah tangga dan satu masih berusia remaja.

BARANG BUKTI :  Penyidik di Unit II Sat Reskrim Polres Tegal Kota dan seorang wanita personel Sat Reskrim Polres Tegal Kota, saat memeriksa barang bukti berupa delapan unit hp yang disita dari kawanan copet, Selasa (2/10).(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

Kawanan copet itu dipimpin seorang pria yang diduga selama ini banyak mengendalikan aksi pencopetan di sejumlah lokasi, dengan anggota parawanita berbagai usia dan profesi pekerjaan.

”Total yang kami tangkap ada lima orang. Empat wanita dan satu orang pria yang diduga sebagai pimpinannya,” terang Kasat Reskrim Polres Tegal Kota AKP Agus Budi Yuwono SH MH didampingi Kanit II Iptu Daryanto SH MH.

Lima orang yang diamankan adalah Anggraeni (26), Rusnani (35), Ratu Ratna Komalasari (27) Juliani (18), yang beralamat sama, di Jl Pegajahan No 222 RT 7 RW 2, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jabar.

Sedangkan satu pria dewasa, Asep Jumadi (35), yang merupakan suami dari Rusnani, beralamat di RT 1 RW 1 Kelurahan Kutagara Utara, Kecamatan Jagasatru, Kota Cirebon. Dia bertindak sebagai pimpinan, dan sopir Toyota Avanza Veloz hitam B-2036-SQA, untuk mengantar wanita yang diduga para pencopet.

Lokasi Ramai

Kawanan copet itu, berdasarkan pengakuan ke penyidik di Unit II, kerap beroperasi di lokasi ramai, atau ketika ada event yang menyedot penonton banyak. Baik di lokasi terbuka maupun tertutup.

Pengakuan pelaku, mereka sudah sering beraksi dalam beberapa tahun terakhir. Sasaran barang yang dicopet, selain dompet, juga handphone (hp) yang dibawa pengunjung. atau penonton di lokasi keramaian.

Aksi mereka terhenti, ketika beraksi di acara karnaval dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, di Kota Tegal. Saat jalur pantura di Jl Gajah Mada penuh sesak oleh ribuan penonton yang menyaksikan karnaval, kawanan itu beraksi.

Saat itu, salah seorang korban Ts (26) warga Jl Surabayan, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, berteriak keras karena hp merek Advand ic5 Gold diserobot seorang wanita.

Penonton di sampingnya dan sejumlah kerabat korban langsung beramai-ramai menangkapnya. Personel Tim Resmob dan Unit II Sat Reskrim yang berada di dekat lokasi, langsung mengamankan wanita yang diduga sebagai pelaku copet.

Tak jauh dari lokasi tersebut, juga ada sejumlah penonton yang kehilangan hp. Total ada delapan penonton karnaval yang kehilangan hp berbagai merek. Mulai dari merek Advand, Xiomi, Polytron, Smart Fren dan Andromax.

Hasil pengembangan penyidikan, ternyata satu pelaku yang ditangkap mengaku, datang ke lokasi itu bersama tiga teman wanitanya yang masih ada hubungan saudara. Mereka diantar seorang pria yang bertindak sebagai sopir dan pimpinan aksi pencopetan tersebut.

Dari tangan pelaku, penyidik mengamankan delapan hp dan satu unit mobil Toyota Avanza Veloz hitam metalik, nopol B-2036-SQA. Kendaraan itu diduga sering digunakan untuk mengantar para pelaku untuk beraksi di sejumlah lokasi keramaian.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA