Take a fresh look at your lifestyle.

Kapolres Brebes Lantik 40 Satpam Gada Pratama

157

BREBES – Sebanyak 40 Satpam secara resmi dilantik Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono dan berhak memegang sertifikat Gada Pratama, Rabu (11/9). Puluhan Satpam itu dilantik setelah mereka selama 20 hari digembleng dalam pendidikan dan pelatihan oleh tim Diklat Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP).

Kegiatan diklat satpam Gada Pratama dilaksanakan sejak 23 Agustus lalu. Pelantikan para satpam yang dinyatakan lulus tersebut dilaksanaan saat upacara penutupan diklat di halaman Mapolres Brebes. Selesai upacara, puluhan anggota Satpam itu juga berunjuk kebolehan dengan memperagakan berbagai atraski. Di antaranya, bela diri Polri yang meliputi teknik membawa tahanan, penguncian, dril borgol dan tongkat serta cara taktis pemadaman api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (Apar).

Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono mengatakan, Polri bertugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan serta penegakkan hukum. Namun tugas-tugas tersebut tidak akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa dukungan dan bantuan segenap masyarakat, khususnya Satpam.
“Sesuai Undang-undang nomor 2 tahun 2002, tugas Polri dibantu oleh bentuk pengamanan swakarsa. Termasuk, di dalamnya adalah Satpam,” ujarnya saat upacara penutupan Diklat Satpam, di halaman Mapolres Brebes.

Kapolres berharap, para peserta yang telah lulus mengikuti pelatihan nantinya sudah siap diterjunkan bekerja di lingkungan mana saja, baik instansi pemerintahan ataupun swasta. Diharapkan pula, mereka mampu mendeteksi kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di wilayah kerjanya. “Selain mendeksi gangguan keamanan dan ketertiban ini, kami berharap para Satpam ini juga mempu menangani keadaan darurat secara cepat dan tepat,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah mendapatkan pelatihan dan dinyatakan lulus, para satpam bisa secara efektif segera mengapilkasikan hasil-hasil pendidikan di dalam lingkungan tugas. “Pegang teguh terus prinsip prinsip penuntun tugas satpam dalam melaksanakan tugas, tumbuhkan dan kembangkan terus kemampuan fisik maupun akademis sehingga dapat meningkatkan keterampilan serta kesiap-siagaan dalam melaksanakan tugas,” pungkasnya.

(Setiawan-red2)

BERITA LAINNYA