Take a fresh look at your lifestyle.

Kaligua Culture Festival, Nguri-uri Sejarah Pabrik Teh Kaligua

160

BUMIAYU– Kaligua Culture Festival (KCF) 2019 di Agrowisata Kebun Teh Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Sabtu-Minggu (27-28/7) berlangsung meriah.

KCF merupakan festival budaya dengan konsep sinergi antara unsur budaya masyarakat dan potensi wisata Kaligua. Acara yang kali pertama digelar ini diiniasi para pelaku seni kreatif di Brebes selatan, Pemerintah Desa Pandansari dan Manajemen Agrowisata Kebun Teh Kaligua.

KCF resmi dibuka Bupati Brebes Idza Priyanti pada pukul 15.00. Sebelum itu, ada Kirab dan Napak Tilas Budaya yang memeriahkan suasana. Dalam kirab, warga mengarak replika ketel uap, sesaji dan gunungan hasil bumi. Kirab ini merupakan gambaran peristiwa tahun 1901 saat para pekerja di zaman kolonial menandu ketel uap dari Paguyangan menuju Kebun Teh Kaligua sejauh 15 kilometer.

Menjelang senja, pengunjung disuguhi ritual Ruwatan Ketel Uap yang menjadi bagian penting gelaran KCF. Dimulai dengan tarian Ronggeng, sesaji dan gunungan hasil bumi diarak menuju lokasi pabrik teh. Ritualnya sendiri diisi dengan peletakan sesaji dan doa selamatan. Begitu ruwatan paripurna, wargapun langsung berebut gunungan hasil bumi.

Penanggung jawab kegiatan Dimas Indiana Senja mengatakan KCF digelar untuk merawat tradisi sekaligus mendongkrak pariwisata Kabupaten Brebes.”Salah satu tradisi itu adalah Ruwatan Ketel Uap. Ini untuk mengingatkan sekaligus bentuk terimakasih kepada para pendahulu yang bekerja keras dan berkorban membawa ketel uap untuk pembangunan pabrik teh Kaligua yang kini menjadi gantungan hidup sebagian besar masyarakat,” ujarnya.

Lalu atraksi apa lagi yang disajikan dalam KCF? Dimas menyebutkan ada sejumlah acara pendukung seperti musik kebun teh, pameran karya komunitas, creative sharing atau talkshow kreatif, sarasehan budaya hingga pesta seribu obor.

Sementara Bupati Idza Priyanti mengapresiasi gelaran KCF. Ia melihat potensi KCF dapat menjadi momen memajukan sektor pariwisata.”Semoga bisa menjadi even tahunan sehingga mampu memajukan pariwisata sehingga perekonomian masyarakat berkembang,” katanya.(Teguh Tribowo/ red38)

BERITA LAINNYA