Take a fresh look at your lifestyle.

Kado Hari Jadi, Sejumlah Destinasi Wisata di Brebes Digratiskan

354

BREBES – Pemkab Brebes akan mengratiskan tiket masuk bagi sejumlah destinasi wisata yang dikelola pemerintah daerah pada Hari Jadi Kabupaten Brebes ke-342, yang jatuh pada Sabtu (18/1) memdatang. Kebijakan mengratiskan tiket harga masuk tempat wisata itu, dikeluarkan Bupati Brebes Idza Priyanti, sebagai kando instimewa bagi masyarakat Kota Bawang di hari jadinya.

“Sesuai kebijakan Bupati, nanti tepat di Hari Jadi Brebes pada 18 Januari, seluruh tempat wisata yang dikelolan Pemkab Brebes digratiskan tiket masuknya. Ini berlaku hanya sehari, tepat di Hari Jadi Brebes, sebagai kado bagi masyarakat,” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Brebes, Tatag Koes Adianto, Selasa (14/1).

Selain tempat wisata, lanjut dia, Pemkab Brebes juga akan mengratiskan retribusi pada pelayanan rumah potong hewan dan pasar hewan. Kemudian, mengratiskan biaya pelayanan kesehatan di suluruh puskesmas yang ada, yakni sebanyak 38 puskesmas. Itu sasarannya adalah masyarakan pengguna BPJS non PBI. Sebab, untuk BPJS PBI secara otomatis gratis. Tak hanya itu, Pemkab juga akan mengratiskan biaya pelaynan medis di poliklinik RSUD Bumiayu. Pelayanan gratis itu, khusus yang bersifat poliklinik atau rawat jalan. “Semua layanan gratis ini juga berlaku pada 18 Januari, tepat Hari Jadi Brebes. Teknis di lapangan, nanti akan diumumkan di papan informasi di setiap tempat pelayanan,” terangnya.

Menurut dia, tempat wisata gratis dan layanan gratis itu diberikan, karena Bupati Brebes ingin suluruh masyarakat benar-benar merasakan saat Hari Jadi. Sebab, selama ini kegiatan peringatan mayoritas kegiatan seremonial. Namun untuk tahun 2020 berbeda. Sehingga, masyarakat benar-benar merasakan Hari Jadi daerahnya. “Ini merupakan trobosan yang diambil Bupati, agar masyarakat bisa merasakan dan merasa memiliki Brebes sebagai tempat tinggalnya,” jelas dia.

(b.setiawan)

BERITA LAINNYA