Take a fresh look at your lifestyle.

Kades Cimohong Cek Lokasi Urugan, Dituding Tak Berizin

156

BREBES – Kepala Desa (Kades) Cimohong, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes bersama perangkatnya melakukan pengecekan ke lokasi pengurugan tanah di wilayahnya, Kamis (12/9). Hal itu menyusul adanya tudingan proyek pengurugan lahan yang dilakukan PT SMJ belum mengantongi izin.

“Kami hari ini bersama perangkat dan pelaksana lapangan proyek pengurugan lahan mengecek ke lokasi. Tujuannya, untuk memastikan kondisi di lapangan. Sebab, muncul tudingan belum mengantongi izin,” ujar Kades Cimohong, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Sodikin.

Terkait proyek itu, jelas dia, pihak desa telah mengeluarkan surat pengantar untuk memproses mengurus perizinan. Surat itu dikeluarkan menyusul adanya surat permohonan proses perizinan dari pelaksana lapangan. Dalam surat itu, pihknya tidak keberatan atas adanya aktivitas pengurugan lahan tersebut. ” Untuk apa lahan yang diurung, saya tidak tahu. Yang jelas, karena ada surat permohonan yang masuk, maka kami keluarkan surat pengantar. Kalau soal perizinan bukan menjadi kewenangan kami,” ujarnya.

Menurut dia, adanya proyek pengurugan itu, aktivitas kendaraan melalui tanggul irigasi. Namun pihak pelaksana lapangan menyanggupi ketika pekerjaan selesai kondisi akan dikembalikan seperti semula.
“Kalau dari penuturan pelaksananya, semua proses perizinan sudah ditempuh. Termasuk, permohonan surat pengantar dari desa. Salain itu, pelaksana juga siap mengembalikan tanggul ke kondisi semula,” katanya.

Sementaran Pelaksana Lapangan Proyek Pengurugan Lahan, Tubagus Angke menjelaskan, semua prosedur perizinan sudah ditempuh. Jadi tidak benar tudingan tersebut. Bahkan, surat rekomendasi dari instansi terkait, termasuk Kantor Limgkungan Hidup sudah dimiliki. Tidak hanya itu, surat rekomendasi teknik dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk – Cisanggarang juga sudah ada. “Jadi, BBWS ini sebenarnya hanya sebatas menguarkan rekomendasi teknik, bukan perizinan. Karena perizinan menjadi kewenangn pusat. Dan, semua syarat ini sudah kami kantongi,” terangnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA