Take a fresh look at your lifestyle.

Kaca Mobil Kasek SD Dipecah, Uang Rp 52 Juta Raib Dirampok

130

BREBES – Aksi perampokan seorang nasabah bank terjadi di ruas Jalan Brebes-Jatibarang, tepatnya di Desa Terlangu, Kecamatan/ Kabupaten Brebes, Jumat pagi (23/8). Dalam aksinya itu, perampok dengan nekat memacah kaca mobil milik korban dan membawa kabur uang senilai Rp 52 juta milik sekolah, yang baru di ambil di Bank Jateng cabang Brebes.

Korban adalah Kepala Sekolah SD Lengkong 02, Kecamatan Brebes, Mahyarudin. Aksi perampokan itu terjadi sekitar pukul 10.30. Korban yang saat itu baru selesai mengambil uang dari Bank Jateng diketahui tidak langsung pulang, tetapi terlebih dahulu mampir ke tukang cukur untuk potong rambut. Mobil Toyota Avanza G-9032-NG warna hitam yang dinaiki korban seorang diri itu, kemudian di parkir di tepi Jalan Brebes-Jatibarang. Uang milik sekolah senilai Rp 52 juta yang tersimpan di dalam tas ditinggal di dalam mobil. Saat korban potong rambu, mendadak kanca mobil samping kiri bagian depan dipecah, dan uang di dalam mobil di bawa kabur pelaku yang menaiki sepeda motor.

“Uang itu milik sekolah, dari bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 52 juta. Rencananya akan kami gunakan untuk rehab ruang kelas,” ujar Mahyarudin saat ditemui di Mapolsek Brebes.

Dia menuturkan,  dirinya mengambil uang di Bank Jateng cabang Brebes bersama bersama bendahara sekolah. Setelah proses pencairan uang di bank selesai, bendahara sekolah pulang dengan mengendarai sepeda motor. Sedangkan uang sudah diserahkan dirinya dan pulang dengan menggunakan mobil, yang diparkir di Alun-Alun Brebes sebelah utara.

“Setelah mengambil uang di bank dan uang di simpan dalam tas, saya pulang sendiri dengan mobil melalui Alun-alun Brebes ke selatan tembus jalan Brebes-Jatibarang. Saat di tengah jalan, saya sekalian mampir di Terlangu untuk potong rambu,” tuturnya di depan polisi saat laporan.

Saat tiba di tukang cukur, lanjut dia, mobil memang diparkir agak jauh, jaraknya sekitar 10 meter. Itu karena kondisi parkir di depan tukang cukur sudah terisi motor. Saat sedang potong rambut, mendadak alaram mobil berbunyi. Namun pihaknya tidak menaruh curiga. Bahkan, pelanggan lain yang sedang menunggu giliran potong rambut juga memberitahu dan mendekatkan kunci mobil yang tergeletak di meja ke dirinya. “Alaram mobil saat saya potong rambut berbunyi, karena saya tidak curikan, ya saya matikan begitu saja. Saya kira itu (alaram-red) berbunyi karena terkena getaran truk yang melintas. Tapi, pas saya selesai potong rambut dan masuk ke mobil, begitu membuka pintu sopir, kaca samping bagian penumpang depan sudah pecah. Tas saya yang berisi uang juga sudah tidak ada,” ungkapnya.

Kapolsek Brebes, AKP Harti, saat dikonfirmasi membenarkan adanya aksi perampokan tersebut. Dari hasil pemeriksaan sejumlah saksi, kata dia, diindikasikan pelaku berjumlah dua orang. Pelaku beraksi dengan modus memecah kaca mobil dengan menggunakan serpihan mika bekas busi motor. Hal itu diketahui dari serpihak mika busi motor yang tercecer di lokasi kejadian. Di ketahui juga, salah seorang pelaku menggunakan jaket ojek online. “Korban sudah melapor ke kami, dan saat ini kami masih melakukan menyelidikan atas kejadian ini. Sejumlah saksi juga sudah kami mintai keterangan, termasuk korban,” ujarnya.

(Setiawan/red2)

BERITA LAINNYA