Take a fresh look at your lifestyle.

Kabupaten Tegal Butuh 14.000 Titik Lampu Penerangan Jalan Umum

136

SLAWI- Lampu penerangan jalan umum (LPJU) merupakan fasilitas umum yang masih dibutuhkan di Kabupaten Tegal. Meski  ribuan LPJU telah dipasang, namun masih dibutuhkan banyak  titik LPJU untuk menjadikan Kabupaten Tegal terang benderang hingga ke pelosok desa.

Kebutuhan akan  PJU diungkapkan Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal, Akhmad Uwes Qoroni, saat dihubungi Selasa (25/2).

Sesuai hasil rekap yang dilakukan Dishub, Uwes menyebut kebutuhan PJU saat ini mencapai 14.000 titik lampu.

“Jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai tingkat desa,”terang Uwes.

Dengan terbatasnya pembiayaan dari Pemkab Tegal, maka untuk memenuhi kebutuhan LPJU, Pemkab Tegal mengajukan bantuan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah maupun  pemerintah pusat.

Pada tahun 2019, Pemkab Tegal mendapat bantuan Rp 28 miliar untuk pengadaan dan pemasangan LPJU. Bantuan tersebut berasal dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Tahun 2020 ini kami mengusulkan lampu PJU tenaga surya. Kami rekap semua kebutuhan ada 14.000 titik lampu, yakni di 281 desa, enam kelurahan dan 18 kecamatan. Untuk realisasi berapa, kami menunggu realisasi dari pusat,”sebutnya.

Uwes menyebutkan, Kabupaten Tegal dijanjikan mendapat  bantuan 1.200 LPJU tenaga surya. Bantuan ini merupakan bagian Program Indonesia Terang .

Bantuan LPJU tenaga surya ini akan diprioritaskan dipasang di jalan penghubung  antar desa , terutama yang menjadi urat nadi lalu lintas. Kemudian bagi desa yang belum  terfasilitasi penerangan.

Pemasangan lampu PJU tenaga surya dilakukan dari perusahaan yang menjadi bagian program Indonesia  Terang.

“Pemasangan dari perusahaan . Kami hanya menyediakan titik-titik mana yang akan dipasang. Semua biaya dari sana,”ungkapnya.

Saat pemasangan LPJU tenaga surya , pihaknya berharap agar pemerintah desa turut melakukan pengawasan agar lampu penerangan jalan tidak hilang atau rusak.

Dengan pemeliharaan yang baik, tidak dicuri, aki bisa tahan 4-5 tahun. Keuntungan lain yang diperoleh dari penerangan tenaga surya, adalah bisa menjangkau pelosok desa, dan tidak membutuhkan pal listrik. (Sari/Red-06H45)

 

 

 

 

BERITA LAINNYA