Take a fresh look at your lifestyle.

Jumlah Pemudik Capai 42 Ribu Orang

172

PEMALANG – Jumlah pemudik yang masuk Kabupaten Pemalang sampai dengan Minggu (5/4) pukul 19.27 mencapai sebanyak 42.467 orang. Juru Bicara Posko Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pemalang, Tutuko Raharjo membenarkan besarnya jumlah pemudik akibat wabah korona tersebut.

“Betul, jumlah pemudik sudah sampai 42 ribuan,”kata Tutuko. Jumlah tersebut meningkat sampai 1.275 jika dibandingkan kondisi pada Sabtu (4/4) yang mencapai sebanyak 41.192 orang.

Para pemudik itu datang dari beberapa kota yang dalam masa penanggulangan Covid-19 ini berstatus daerah merah. Kebanyakan berasal dari Jakarta.

Namun demikian menurut Tutuko sudah ada langkah koordinasi yang dilakukan oleh Posko untuk menyikapi ledakan jumlah pemudik itu. Pemerintah Desa diberdayakan untuk mendata para pemudik yang masuk ke desa mereka.

Pemudik yang datang diminta mengisi formulir dan diwawancara. Apabila didapati pemudik yang dalam kondisi kurang sehat salah satunya punya gejala flu, pilek atau sesak nafas maka diarahkan pemerintah desa untuk periksa ke Puskesmas.

Adapun pemudik yang kondisinya sehat diminta untuk segera ke rumah dan tetap di rumah selama penanggulangan Covid-19 oleh pemerintah berjalan. Dengan cara seperti itu diharapkan wabah Covid-19 ini segera berakhir.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA