Take a fresh look at your lifestyle.

Jumat Berkah, Forkopimcam Margadana Jenguk Warga Kurang Beruntung

142

 

TEGAL-Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Margadana menyambangi kediaman warga kurang beruntung di sejumlah kelurahan di Kecamatan Margadana, Jumat (23/8/2019).

Kunjungan Plt. Camat Ali Rosyidi, Kapolsek Sumurpanggang Kompol Wartoyo, serta Danramil Sumurpanggang Kapten Cba Nursalim, didampingi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Joko Margo.

Berangkat dari kantor Kecamatan, rombongan langsung menuju kediaman Mulyadi penderita cacat ganda karena tubuh tidak berfungi maksimal. Di wilayah di RT 6, RW IV Kelurahan Kaligangsa.  Serta kediaman Sariah warga RT 4, RW 5 Kaligangsa  yang menderita sakit struk berkepanjangan.

Di tempat itu, selain untuk menjenguk langsung kondisi kesehatan warga kurang beruntung, juga sekaligus menyalurkan bantuan Program Kartu Jawa Tengah Sejahtera (KJS).

Selanjutnya, rombongan bertolak ke kediaman Tasrip  dan Herlin Sumarni di wilayah RT 3, RW 6 Margadana. Dua warga itu juga mengalami kondisi memprihatinkan. Rasa empati disampaikan anggota Forkopimcam atas kondisi warganya.

Plt Camat Margadana Ali Rosyidi mengatakan, berdasar informasi masyarakat, ada beberapa warga yang tengah hidup dalam keprihatinan. Selain  hidup ditengah himpitan ekonomi juga karena sakit.

“Forkopimcam merasa terpanggil, setelah ada informasi sehingga kami ingin tahu persis dengan menjenguk langsung. Sekaligus untuk menyalurkan bantuan,” kata Ali.

Sementara Joko Margo mengungkapkan, ada 19 warga tidak mampu di Kecamatan Margadana, yang menerima manfaat dari Program KJS. Mereka yang menerima sebelumnya tidak tercover program yang lain kecuali Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Penyaluran KJS ini tahap dua. Yakni sebesar Rp 750ribu untuk tiga bulan. Program KJS sendiri program Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sudah berjalan sejak 2017,” terang Joko.

Diungkapkan dia, saat ini setidaknya masih ada 40-50 warga di Kecamatan Margadana yang belum tersentuh bantuan. Untuk itu, ia berharap di tahun mendatang penerima manfaat KJS bisa bertambah.

Sementara data dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tegal, penerima KJS tahap dua tahun 2019 di Kota Tegal ada 96 orang. Mereka tersebar di empat kecamatan mulai dari Margadana (19 orang), Tegal Barat (17 orang), Tegal Timur (38 orang), dan Tegal Selatan (22 orang). (EnnSetyadi/Red4)

BERITA LAINNYA