Take a fresh look at your lifestyle.

Jumadi Optimistis Inovasi “Perlak Emas Sigasik” Dinkes Juara

153

TEGAL-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal masuk dalam penilaian 20 besar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2019 tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Wakil Wali Kota M. Jumadi saat menerima kunjungan tim penilai, menyatakan optimismenya jika inovasi Dinkes melalui Perlak Emas Sigasik (Perluasan Akses Layanan Kesehatan menggunakan Empat Belas Indikator Aplikasi Sigasik) bisa bermanfaat.

Menurut pria yang akrab disapa MJ ini, dengan inovasi tersebut nantinya dapat memberikan kontribusi yang baik kepada masyarakat Kota Tegal secara luas.

‘’Mudah-mudahan dapat menjadi kebanggaan bagi Kota Tegal, Provinsi Jateng dan secara nasional dan bisa menjadi pilot project bagi daerah lain. Serta saya yakin inovasi Perlak Emas Sigasik dapat bermanfaat di masyarakat. Saya yakin bisa menang,’’ kata dia.

Kepala Dinkes dr. Sri Prima Indraswari mengungkapkan, Sigasik merupakan terobosan di bidang kesehatan. Yakni berupa Sistem pendukung keputusan bagi dokter atau tenaga kesehatan.

Dalam mendiagnosa pasien yang berkunjung ke puskesmas dan memberikan nasihat kepada pasien. “Perlak Emas Sigasik ini sudah diadopsi oleh daerah lain,” ujar Prima.

Salah satu tim penilai Rosihan Widi Nugroho mengatakan inovasi tersebut merupakan salah satu upaya yang tidak dadakan sehingga mampu masuk dalam TOP 20 KIPP Jateng.

‘’Sistem tersebut bisa dikembangkan secara sistematis dan secara prinsip serta sistem ini harus bermanfaat, harus ada keterlibatan dari masyarakat,’’ ujar Rosihan.

Selain paparan dan sesi tanya jawab, dalam kesempatan itu tim juga berkunjung secara langsung di Puskesmas Tegal Timur terkait penggunaan inovasi Perlak Emas Sigasik.

Begitu juga dengan tinjauan langsung di Kampug KB Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur dimana masyarakat terlibat langsung dalam penggunaan Perlak Emas Sigasik. (Setyadi/Red4)

BERITA LAINNYA