Take a fresh look at your lifestyle.

Jelang Pergantian Tahun, Belasan Pejabat di Brebes Dirotasi

127

BREBES – Menjelang pergantian tahun 2019, sebanyak 19 orang pejabat eselon di jajaran Pemkab Brebes menjalani rotasi jabatan. Langkah itu ditempuh Bupati Brebes, Idza Priyanti untuk mengisi sejumlah jabatan yang lama mengalami kekosongan. Pelantikan para pejabat yang pindah posisi jabatanya tersebut digelar di Pendapa Kabupaten Brebes, Jumat pagi (27/8).

Dari sebanyak 19 pejabat eselon tersebut, 6 orang di antarannya merupakan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) atau setingkat eselon II. Sementara sisanya, 16 orang merupakan Jabatan Administrator atau setingkat eselon III. Sejumlah pejabat yang dirotasi tersebut, di antaranya Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Johari dipindah tugas menjadi Kepala Dinas Perhubungan. Sedangkan jabatan Kepala Diskominfotik kini diduduki Tatag Koes Adianto, yang semula menjabat Kepala Dinas Arsip dan Perputakaan. Kemudian, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Rofiq Qoidul Adza kini pindah tugas menjadi Kepala Dinas Arsil dan Perpustakaan. Sedangkan jabatan yang ditinggalkan masih kosong. Selanjutnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Angkatno menduduki jabatan baru sebagai Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Edy Kusmartono juga dirotasi untuk menduduki jabatan baru sebagai Kepala Baperlitbangda. Sedangkan jabatan yang ditinggalkan kini dijabat Budhi Darmawa, yang semula menjabat Kepala Kantor Satpol PP.

Sementara untuk pejabat administrator di antaranya, Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikana yang semula dijabat Maskorim, kini diganti Iskandar Agung yanf semula menjabat Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Untuk Maskorim kini mendapat tugas sebagai Kepala Sekretarian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kemudian, tiga jabatan camat yang semula kosong kini telah diisi. Yakni, Camat Paguyangan dijabat Eko Purwanto, Camat Jatibarang dijabat Subagiya dan Camat Banjarhajo dijabat Warto.

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengatakan, rotasi dilakukan diakhir tahun, karena memamg sudah mendesak dibutuhkan untuk mengisi sejumlah jabatan pratama tinggi dan jabatan administrator yang lama kosong. Meski saat ini kekosongan itu telah dapat terisi, tetapi masih ada beberapa yang kosong karena memang pejabatnya tidak ada. Mengingagt, dalam proses rotasi untuk mengisi jabatan yang kosong pihaknya mengacu pada kompetensi dan sesuai aturan berlaku. “Jadi, ini kami laksanakan rotasi karena memang mendesak dibutuhkan. Kami juga mengisinya secara profesional dan mengacu pada kompetensi yang dimiliki,” ujarnya.

Menurut dia, dari kebijakan rotasi tersebut saat ini masih ada lima posisi JPT yang kosong. Proses pengisian kekosongan itu akan dilakukan melalui proses lelang jabatan, karena saat ini memang sudah tidak ada pejabatnya. Sehingga, pihaknya tempuh melalui seleksi pejabat di bawahnya untuk dipromosikan. Lima posisi JPT yang kosong itu di antarannya, Asisten I, Asisten II, Asisten III, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Kepala Kantor Satpol PP. “JPT yang kosong ini sementara kami isi dengan Pejabat Pelaksana Tugas. Rencananya kami akan membuka lelang jabatan bagi lima posisi JPT ini pada Januari 2020, karena kami harus membentuk panitia seleksi terlebih dahulu,” jelasnya.

(b.setiawan-red2)

BERITA LAINNYA