Take a fresh look at your lifestyle.

Jebol Eternit , Pembobol Alfamart Gasak Rokok

179

SLAWI- Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Tegal membekuk dua orang anggota komplotan  pembobol minimarket  yang beraksi di wilayahnya. Kedua pelaku yakni Imam Baehaki (32) dan Imam Mustofa (25)  warga Desa Kalisalak, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal.

Selain dua pelaku tersebut, seorang pelaku lainnya S (28) yang juga warga Desa Kalisalak, sampai saat ini masih dalam pencarian polisi.

Terhadap Imam Baehaki, polisi mengambil tindakan tegas terukur dengan menembak kaki kanan residivis itu, karena mencoba melarikan diri saat diamankan.

Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang mengatakan, komplotan tersebut sudah enam kali membobol minimarket  , empat diantaranya  Alfamart yang  berada di wilayah Desa Jembayat, Kecamatan Margasari.

Pelaku melakukan aksinya dalam kurun waktu empat bulan sejak bulan Agustus hingga November 2019.

“Mereka melakukan aksinya pada malam hari sekitar pukl 00.00 hingga 03.00,”jelas Iqbal, saat press release , Senin (27/1).

Untuk masuk ke dalam minimarket tersebut,  tersangka Imam Baehaki (IB) memanjat tembok belakang minimarket dengan cara menaiki punggung pelaku S. Selanjutnya  memanjat menggunakan tambang berwarna hijau. Setelah sampai atap, dia  membuka seng dengan menggunakan kunci pas 8 dan merusak gipsum dengan menggunakan cutter.

Selanjutnya Imam Baehaki yang berperan sebagai eksekutor mengambil barang-barang berupa rokok dan memasukkannya ke dalam waring. Setelah itu, ia keluar melalui eternit yang sudah dijebol.

Kerugian yang ditanggung minimarket mencapai belasan juta rupiah. Dari empat TKP di Desa Jembayat, kerugian yang ditanggung mencapai Rp 75, 7 juta.

Uang hasil kejahatan digunakan para pelaku untuk membeli kebutuhan sehari-hari, termasuk membeli  satu  unit sepeda motor Honda Beat putih . Sepeda motor yang digunakan untuk beroperasi di daerah lain sudah disita polisi.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan pemberatan, ancaman hukuman selama-lamanya tujuh tahun.

Kasatreskrim Polres Tegal, AKP Gunawan Wibisono menambahkan, pelaku selama ini melakukan aksinya di dalam kota. Selain membobol  minimarket di Desa Jembayat , Kecamatan Margasari, komplotan tersebut juga melakukan hal serupa di wilayah Kecamatan Dukuhwaru dan Dukuhturi. (Sari/Red-06)

BERITA LAINNYA