Take a fresh look at your lifestyle.

JDIH Kabupaten Tegal Terbaik Kelima Jawa Tengah

32

SLAWI smpantura.com – Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Tegal menduduki peringkat kelima dari kategori 10 besar JDIH kabupaten dan kota terbaik se-Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021.

Capaian tersebut mendapat apresiasi Bupati Tegal Umi Azizah sebagai prestasi bagian hukum dalam membangun sistem informasi dan budaya kerja digital.

Umi mengatakan, JDIH memegang peranan penting sebagai kanal informasi produk hukum pemerintah daerah di era reformasi dan keterbukaan informasi publik.

Menurutnya, perubahan pola hidup dan cara kerja masyarakat saat ini yang sudah sangat terbiasa dengan kemudahan akses informasi digital harus direspon cepat pemerintah daerah dengan menyediakan kanal informasi yang aksesibel, handal dan mudah digunakan (user friendly),

Hal tersebut tidak terlepas dari tantangan meningkatnya jumlah pengguna internet yang terus bertambah hingga mencapai 73,7 persen penduduk Indonesia. Dari jumlah tersebut, lebih dari 90 persennya mengakses konten layanan publik, termasuk layanan publik pemerintah.

“Seringkali saya tekankan bahwa penggunaan teknologi informasi memegang peranan penting dan sangat menentukan di era open government ini. Dan bagian hukum cukup berhasil menyajikan layanan informasi produk hukumnya secara digital dan itu berfungsi efektif di masyarakat,” kata Umi.

Sementara itu, penyerahan penghargaan JDIH terbaik Jawa Tengah 2021 oleh Penjabat Sekretaris Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Aribowo kepada pemerintah kabupaten dan kota telah dilakukan secara virtual pada Senin (30/8/2021) lalu. Hadir secara langsung secara virtual Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono dari ruang rapatnya.

Joko didampingi Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Tegal Dadang Darusman dan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Kabupaten Tegal Nurhapid Junaedi menyampaikan ucapan terimakasih dan memberikan apresiasi atas kerja keras bagian hukum dan organisasi perangkat daerah lainnya yang telah berperan membantu peningkatan kinerja pengelolaan JDIH ini.

Kabag Hukum Nurhapid Junaedi menyebutkan, peringkat JDIH Kabupaten Tegal tahun 2020 berada di urutan ke tujuh dari 10 besar Jawa Tengah. Namun kini, dengan adanya penyempurnaan dari sisi kelembagaan, penguatan sumber daya aparatur pengelola JDIH, pengolahan bahan pustaka, perbaikan layanan dan pemanfaatan teknologi informasi serta inovasi pengelolaan JDIH, peringkatnya naik menjadi lima besar.

Nurhapid menambahkan jika masih ada aspek yang perlu dibenahi agar pengelolaan JDIH Kabupaten Tegal lebih maksimal, yakni menyangkut perbaikan sarana dan prasarana penunjang. *

(T04-red)

BERITA LAINNYA