Take a fresh look at your lifestyle.

Jam Belajar Masyarakat Diminta Diberlakukan

276

PEMALANG – Jam belajar masyarakat atau disingkat Jambemas diminta untuk diberlakukan. Ketua Dewan Pendidikan Muntoha mengatakan institusinya mengusulkan pemberlakukan Jambemas untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Pemalang.

“Jambemas ini adalah program yang melibatkan masyarakat yaitu keluarga untuk berpartisipasi dalam mendidik anak-anaknya,”kata Muntoha, kemarin.

Pada jam tertentu lanjut dia orang tua harus mendampingi anak-anak mereka untuk belajar. Dengan program tersebut maka anak-anak akan nyaman belajar, terhindar dari gawai serta tontonan televisi pada waktu tertentu..

“Misalnya Jambemas diberlakukan dari pukul 19.00 sampai 21.00, mungkin sebelum waktu tersebut anak-anak mengaji terlebih dahulu sehingga tujuan peningkatan kualitas pendidikan disertai dengan peningkatan akhlakul karimah,”jelasnya.

Program Jambemas ini pernah diusulkan di Kabupaten Pemalang pada sekitar tahun 2005, namun tidak dilaksanakan. Karena itu Dewan Pendidikkan tahun ini memprogramkan Jambemas untuk bisa dilaksanakan di satuan pendidikan baik pendidikan dasar maupun menengah atas.

Dewan Pendidikan kata dia menyampaikan program kerjanya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pemalang dan Dindikbud Jawa Tengah Cabang Dinas Wilayah 12.

Di Dindikbud Kabupaten Pemalang program kerja Dewan Pendidikan diserahkan oleh Muntoha dan diterima oleh Kepala Dindikbud Mualip. Sementara di Dindikbud Jateng Wilayah 12, program Dewan Pendidikan diterima oleh Sadimin.

 

Muntoha berharap dua lembaga pengelola pendidikan itu akan menindaklanjuti program kerja Dewan Pendidikan sehingga kualitas pendidikan diharapkan akan meningkat yang muaranya akan membantu mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pemalang.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA