Take a fresh look at your lifestyle.

Jalur Tol dan Guci Diwaspadai Saat Libur Nataru

144

SLAWI- Kasat Lantas Polres Tegal AKP Faris Budiman mengimbau kepada warga yang hendak berlibur pada natal dan tahun baru, untuk waspada saat melintas di  jalur tol dan jalur menuju obyek wisata pemandian air panas Guci , Bumijawa. Pasalnya, dua jalur ini diperkirakan akan lebih padat dibanding hari biasa.

Hal itu disampaikan  Faris Budiman usai memimpin rapat koordinasi lintas sektoral di Aula UPPD Samsat Kabupaten Tegal, belum lama ini.

Dia mengemukakan, masyarakat yang hendak berlibur akan memilih jalan tol saat pergi berlibur. Hal yang harus diwaspadai adalah terjadinya kecelakaan akibat pengemudi lalai atau mengantuk. Selain itu, terjadinya kendaraan mogok , yang dapat mengakibatkan kemacetan jalur tol.

Hal lain yang perlu diperhatikan pengelola jalan tol adalah ketersediaan air di rest area dan BBM. Untuk itu, pada rapat koordinasi yang dihadiri pengelola tol, Faris mengharapkan agar pihak tol juga mempersiapkan hal tersebut.

“Jangan sampai ada kendaraan yang kehabisan BBM di tol seperti tahun sebelumnya,”sebutnya.

Sementara untuk jalur  menuju obyek wisata pemandian air panas Guci, permasalahan yang selalu muncul saat libur adalah kepadatan lalu lintas akibat bertambahnya jumlah kendaraan. Semua kendaraan yang naik maupun turun semua melalui satu jalur.  Padahal, badan jalan ke arah Guci sempit.

“Hal yang diwaspadai adalah di tanjakan letter S Siwuni. Tanjakan curam, banyak kendaraan tidak kuat menanjak, sehingga rawan terjadi kecelakaan,”ujarnya.

Untuk itu, mengantisipasi terjadinya kecelakaan, Faris mengimbau kepada pengendara untuk memastikan kendaraannya dalam kondisi prima. Untuk angkutan umum  dan bus, rencananya Dinas Perhubungan akan melaksanakan ramp check sepekan menjelang Operasi Lilin Candi 2019. Operasi Lilin Candi 2019 akan dimulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Sementara itu, dari Dinas Kesehatan akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada awak bus.

Pada rapat yang dihadiri perwakilan OPD tersebut, Faris juga mengharapkan Dishub untuk segera memperbaiki traffic light yang mati dan menambah lampu penerangan jalan umum.

“Dishub memastikan semua traffic light berfungsi normal sebelum kegiatan  Operasi  Lilin Candi dimulai,”sebut Faris yang pernah menjabat sebagai Kasatlantas Karanganyar .

Demi keselamatan pengguna jalan, dia juga mengharap dinas terkait segera menyelesaikan proyek pembangunan , sehingga jalan bisa bebas material. (Sari/Red-06)

 

BERITA LAINNYA