Take a fresh look at your lifestyle.

Jalan Kalibakung Diusulkan Direlokasi

Komisi III DPRD Kabupaten Tegal meninjau lokasi bencana jalan amblas di Ruas Jalan Yomani-Guci di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Selasa (16/2).

124

SLAWI – Ruas Jalan Yomani-Guci di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal yang amblas pada lima hari lalu, diusulkan untuk direlokasi. Hal itu mengingat jalan yang berada di Dukuh Clirit itu, kerap amblas saat musim hujan. Namun demikian, diminta untuk dilakukan kajian kultur tanah di lokasi amblasnya jalan tersebut.

“Semestinya ada kajian tentang jalan ini, karena dikhawatirkan akan terjadi longsor yang cukup parah,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tegal, M Khuzaeni usai melakukan kunjungan lapangan di jalan amblas Kalibakung, Selasa (16/2).

Dikatakan, pergerakan tanah akibat hujan lebat yang terjadi pada Sabtu(12/2) membuat jalan putus dan retak-retak di ruas jalan Kalibakung-Karangjambu dan ruas Jalan Clirit Sokatengah-Bumijawa. Kondisi itu pernah terjadi pada enam tahun lalu. Amblasnya jalan makin parah sejak pertama amblas, bahkan telah mencapai kedalaman lebih dari 6 meter. Kendati terus dilakukan pengurugan, namun pergerakan tanah terus terjadi.

“Kalau memang makin parah harusnya jalan dipindahkan, dan membuat ruas baru,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Menurut dia, upaya relokasi jalan bisa dilakukan demi keselamatan dan kemaslahatan masyarakat. Akan tetapi, relokasi harus melalui kajian mendalam tentang kultur tanah di lokasi tersebut. Kedepan, semestinya perlu direncanakan dan dianggarkan untuk penanganannya.

“Kedepan bisa direlokasi sebelah barat jalan yang amblas tepatnya di Dukuh Kalilimus, Desa Kalibakung,” kata anggota DPRD yang akrab disapa JB itu.

Ditambahkan, untuk penanganan sementara dilakukan pengurukan dengan sirtu yang dipadatkan dengan menggunakan anggaran bencana.

“Terpenting masih bisa dilewati, walaupun harus ekstra hati-hati,” pungkasnya.

BERITA LAINNYA