Take a fresh look at your lifestyle.

Jalan A Yani Akan Jadi Malioboronya Tegal

139

<B>TEGAL<P> – Adanya rencana Pemkot Tegal menata kawasan Jalan Ahmad Yani dan dijadikan seperti Malioboro-nya Kota Tegal mendapat tanggapan DPRD. Dewan meminta agar dilakukan kajian yang komprehensif untuk mewujudkan wacana tersebut.

Menurut Sekretaris Komisi III DPRD, Rofi’i Ali, kajian harus dilakukan secara menyeluruh serta melibatkan seluruh stakeholder. Selain itu sosialisasi agar masyarakat mengerti dan memahami program tersebut. “Secara teknis diperlukan penataan pedagang dan penyediaan area parkir untuk menampung kendaraan pengunjung. Selain itu, juga perlu pelebaran trotoar dan penyediaan tempat untuk angkutan umum,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Ketua DPRD, Anshori Faqih. Menurut dia, dinas terkait juga harus berkoordinasi secara rutin sehingga kebijakan itu bisa berjalan sesuai dengan harapan. “Perlu dilakukan kajian, terutama untuk menyelesaikan persoalan lalu lintas di lokasi tersebut. Selama ini saya sering melihat adanya kesemrawutan. Kondisi itu diperparah dengan adanya parkir di kedua sisi jalan,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyampaikan, pihaknya membutuhkan dukungan penuh dari DPRD dalam upaya memajukan Kota Tegal. Sebab, Pemkot Tegal tidak mungkin bisa berjalan sendiri dalam memajukan Kota Tegal tanpa peranan dan dukungan dari DPRD. “Dalam upaya memajukan Kota Tegal, pemerintah sebagai lembaga eksekutif tidak mungkin dapat berjalan sendirian tanpa peran DPRD sebagai lembaga legislatif. Terlebih Pemkot Tegal saat ini mempunyai tantangan untuk mewujudkan Kota Tegal menjadi destinasi wisata,” tegasnya.

Menurut dia, pihaknya berencana untuk mewujudkan kawasan objek wisata Pantai Alam Indah (PAI), alun-alun dan Jalan Ahmad Yani menjadi destinasi untuk wisata unggulan. Sesuai rencana alun-alun akan dipasang rumput sintetis yang dilengkapi dengan air mancur dan bunga, kawasan Jalan AR Hakim akan ditata seperti Jalan Malioboro di Yogyakarta, objek wisata pantai PAI akan dibuat menjadi wisata berkonsep <I>song of the sea<P> seperti di Singapura dengan menghadirkan berbagai pertunjukan di sepanjang kawasan bibir pantai.(Wawan Hoed/Red2)

BERITA LAINNYA