Take a fresh look at your lifestyle.

Inkracht, Barang Bukti 25 Perkara Kejahatan Dimusnahkan Kejari Brebes

136

BREBES – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Brebes, Selasa (14/7), melakukan pemusnahan barang bukti dari sebanyak 25 perkara tindak kejahatan, yang telah inkachr (berkuatan hukum tetap-red). Barang bukti yang dimusnahkan itu berasal dari perkara yang terjadi sejak Januari-Juni 201), dan paling banyak berasal dari kasus narkotika.

Kepala Kejari (Kajari) Brebes Emy Munfarida mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan tersebut berasal dari 25 perkara yang telah diputus pengadilan dan mempunyai kekuatan hukum tetap. Rinciannya, 12 perkara narkotika, 4 perkara pestisida palsu dan 9 perkara kejahatan lainnya. Khusus perkara narkotika, barang bukti yang dimusnahkan berupa 24,5 gram sabu, ganja 103,7 gram dan 2.003 tablet pil hexymer. “Sedangkan tindak kejahatan lainnya, yang kami musnahkan berupa pakaian atau celana dan senjata tajam. Untuk kasus obat pertanian sebagian besar dimusnahkan di daerah lain,” ungkapnya.

Menurut dia, pemusnahan barang bukti itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya. Dalam setahun, dilakukan dua kali pemusnahan barang bukti, yakni pada Juli dan akhir tahun. Selain itu, pemusnahan barang bukti juga bagian dari putusan yang dikeluarkan pengadilan. “Pemusnahan ini sudah menjadi agenda rutin kami setiap tahunnya . Dan tentunya, barang bukti ini dari kasus yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, proses pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar. Tujuannya untuk menghilangkan fungsi dan sifat awal barang, sehingga tidak dapat digunakan. “Ini kami lakukan juga untuk mengurangi penumpukan barang bukti di gudang penyimpanan,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA