Take a fresh look at your lifestyle.

Indeks Keyakinan Konsumen di Bulan Juli Merosot

173

TEGAL-Berdasarkan hasil Survei Konsumen oleh Bank Indonesia (BI) Tegal, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) di Kota Tegal untuk periode Juli 2019 berada pada level optimistis dengan nilai indeks di atas 100 yaitu sebesar 119,83

Optimisme tersebut didukung oleh komponen Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini yang berada pada level optimistis, yaitu sebesar 118,00 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 121,67.

Asisten Direktur Kantor Perwakilan BI Tegal, Fauzi Amir mengungkapkan, terjadi penurunan untuk semua indeks pada bulan Juli tahun 2019 ini dibandingkan perolehan skor indeks bulan Juni.

Meski demikian, ekspektasi masyarakat Kota Tegal terhadap tingkat pengeluaran tiga bulan yang akan datang responden menyatakan relatif sama.

Sebanyak 41 persen responden menyatakan hal tersebut. Berikutnya 31 persen responden lainnya menyatakan sedikit meningkat.

Disampaikan Fauzi, alasan peningkatan pengeluaran konsumsi didorong secara proporsional oleh peningkatan belanja makanan dibandingkan belanja bukan makanan.

Untuk ekspektasi harga mulai dari tiga, enam hingga 12 bulan mendatang, mayoritas responden menyatakan bahwa harga secara umum akan mengalami kenaikan.

Hal ini dinyatakan oleh 73 persen responden (ekspektasi 3 bulan yang akan datang), 80 persen responden (ekspektasi 6 bulan yang akan datang), dan 81 persen responden (ekspektasi 12 bulan yang akan datang).

Berikutnya ekspektasi perubahan harga didominasi oleh kelompok makanan, kelompok energi, serta kelompok peralatan rumah tangga.

Selain hal tersebut di atas, lanjut Fauzi, berdasarkan Survey Penjualan Eceran yang ditunjukkan oleh Indeks Penjualan Riil pada bulan Juli 2019 mengalami kenaikan dibandingkan periode sebelumnya.

Perkiraan ini didapat dari angka Indeks Penjualan Riil bulan Juli 2019 tercatat sebesar 118,68 atau mengalami penurunan pada indeks bulanan (m-t-m) sebesar 7,31 persen.

Penurunan indeks bulanan pada bulan Juli diperkirakan terjadi karena penurunan penjualan beberapa jenis barang.

Menurutnya, secara spesifik, penjualan pada perlengkapan rumah tangga lainnya mengalami kenaikan paling tinggi dikontribusi oleh barang konstruksi dari logam.

Penurunan penjualan makanan jadi disebabkan oleh jumlah persediaan barang konstruksi dari logam yang sedikit

Responden penjualan pada tiga bulan mendatang diperkirakan naik, dan penjualan pada enam bulan mendatang diperkirakan akan mengalami kenaikan.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan periode sebelumnya turun yaitu berada pada level 124 yang sebelumnya 148.

Sementara, ekspektasi terhadap penjualan dalam enam bulan mendatang diperkirakan mengalami kenaikan. Jika dibandingkan dengan periode sebelumnya turun yaitu berada pada level 134 yang sebelumnya 141.

Dia menambahkan, ekspektasi terhadap penjualan cenderung naik. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai angka indeks yang menunjukkan angka di atas 100 (Setya/Red)

BERITA LAINNYA