Take a fresh look at your lifestyle.

Imbas Covid-19, Pendapatan Purin Turun

140

SURADADI – Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak setahun silam, membuat pendapatan Obyek Wisata (OW) Pantai Purwahamba Indah (Purin) Suradadi, Kabupaten Tegal, terjun bebas. Penurunan pendapatan bisa mencapai 50 persen lebih.

“Sejak tahun 2020, realisasi PAD di sini (Purin) memang turun. Itu karena imbas dari Covid-19,” kata Pengelola OW Pantai Purin, Nurkholis, saat ditemui di Purin, Rabu (3/3).

Dia mengungkapkan, pada tahun 2020 lalu, pihaknya mendapat target PAD sebesar Rp 825 juta. Dari target tersebut, hanya terealisasi sekitar 60 persen. Selama pandemi, jumlah pengunjung memang mengalami penurunan hampir 50 persen. Sebelum ada pandemi, jumlah pengunjung di akhir pekan mencapai 200 orang perhari. Di hari biasa sekitar 150 orang. Sedangkan selama pandemi, jumlah pengunjung di akhir pekan hanya sekitar 100 orang. Dan hari biasa, kurang dari 100 orang.

 

“Parahnya lagi, saat ada kebijakan dari pemerintah, seluruh obyek wisata ditutup. Kita sama sekali tidak ada pemasukan,” sambung Nurkholis.

 

Selain karena pandemi, Nurkholis menyebut, sarana dan prasarana wahana di Purin sudah banyak yang rusak. Utamanya permainan anak-anak dan anjungan. Bahkan, beberapa bulan yang lalu, anjungan di Pantai Purin diterjang angin puting beliung.

 

“Wahana permainan di sini memang monoton. Cuma itu-itu saja. Dan sudah banyak yang rusak,” keluhnya.

 

Dia berharap, Pemkab Tegal mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki wahana permainan di Purin. Sehingga bisa menjadi daya tarik pengunjung dari luar kota maupun dalam kota. Menurutnya, saingan obyek wisata saat ini semakin banyak. Jika Purin tidak ada perubahan, maka tertinggal dengan obyek wisata lainnya.

 

“Kita juga sudah berinovasi. Kita membuat spot-spot untuk shelvie bagi para pengunjung,” imbuhnya.

BERITA LAINNYA