Take a fresh look at your lifestyle.

Ikuti Pelatihan Jurnalistik, Kepala Sekolah Keluhkan Oknum Wartawan Nakal

149

BUMIAYU– Pelatihan Jurnalistik bagi kepala sekolah dasar (SD) di Aula SMP 1 Bumiayu, Brebes, Rabu (9/10), berlangsung gayeng. Para peserta yang berasal dari Kecamatan Bumiayu, Sirampog dan Tonjong itu antusias mengikuti kegiatan yang laksanakan atas kerjasama Suara Merdeka dan Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kabupaten Brebes tersebut.

Ya, pelatihan yang menghadirkan narasumber Kepala Desk Pantura Suara Merdeka Rony Yuwono itu menjadi ajang curhat peserta. Mereka mengeluhkan keberadaan oknum wartawan nakal yang kerap menyambangi sekolah.”Kami sering didatangi wartawan yang menjual barang seperti kalender dan taplak meja dengan harga yang tidak masuk akal. Bagaimana kami menghadapi wartawan seperti itu,” kata Diati, salah seorang peserta.

Sementara dalam pemaparan materi jurnalistiknya, Kepala Desk Pantura Rony Yuwono menjelaskan tentang tata cara menulis berita maupun artikel yang sesuai dengan kaidah jurnalistik.”Dunia jurnalistik ini seperti belajar berenang. Kalau ditekuni pasti bisa,” ujarnya.

Berani Menolak

Pada kegiatan yang ikut dihadiri Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Brebes Sudiyanto dan Kapolsek Bumiayu tersebut, Rony juga mendorong kepala sekolah untuk berani menolak oknum wartawan nakal.”Jangan takut. Harus tegas dan jangan membuka ruang kompromi kepada mereka (wartawan nakal-red). Jika diperlukan lapor ke pihak kepolisian,” katanya.

Koordinator Bisnis Suara Merdeka Wilayah Tegal Wawan Hudiyanto mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan di aula SMP 1 Bumiayu tersebut merupakan rangkaian dari pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan Suara Merdeka. Selain untuk membiasakan budaya menulis di kalangan guru, salah satu tujuan pelatihan jurnalistik adalah untuk membekali para guru dan kepala sekolah dengan mengenal dunia jurnalistik, kode etiknya serta seluk beluk dunia kewartawanan.”Dengan mengenal kode etik jurnalistik diharapkan para kepala sekolah bisa terhindar dari aksi-aksi wartawan nakal,” ujarnya.(Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA