Take a fresh look at your lifestyle.

Ikut Piknik,18 Anggota Grup Senam Desa Penusupan Positif Covid-19

492

SLAWI,smpantura.com – Sebanyak 18 orang anggota grup senam Desa Penusupan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal terkonfirmasi positif usai mengikuti piknik ke tempat wisata Dinoland Kabupaten Purbalingga.
Pada Jumat (26/3) tercatat, satu orang dirawat di RSI PKU Muhammadiyah Adiwerna, tujuh orang dirawat di RSUD dr Soeselo Slawi, dan sepuluh orang melakukan isolasi mandiri.

Selain 18 orang yang terkonfirmasi positif, seorang peserta berjenis kelamin perempuan, W (40) warga RT 4 RW 8 meninggal dunia pada Kamis (25/3) di RS Soeselo Slawi. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal, Joko Wantoro menyampaikan , kasus klaster grup senam Desa Penusupan bermula saat rombongan senam Desa Penusupan mengadakan piknik ke Dinoland , Kabupaten Purbalingga pada tanggal 11 Maret 2021.

Rombongan menggunakan alat transportasi bus yang ditumpangi 50 peserta senam, 1 sopir, 2 kenek. Adapun 8 orang lainnya menggunakan transportasi pribadi. “Sebelum berangkat, ada dua orang yang mengalami gejala batuk, pilek dan tetap ikut rombongan piknik. Dua orang ini masih menunggu hasil swab,”jelas Joko, Jumat (26/3).

Usai melakukan piknik, pada tanggal 20 Maret 2021, salah seorang peserta, berjenis kelamin perempuan, W (40) warga RT 4 RW 8 Desa Penusupan mengalami gejala batuk, pilek, lemas dan tidak enak badan. W kemudian dibawa ke RSUD dr Soeselo Slawi.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, W dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 disertai komorbid diabetes melitus dan koagulapathy. W meninggal pada 25 Maret 2021 pukul 06.26 di RSUD dr Soeselo.

Sementara itu, petugas surveilans Puskesmas Penusupan, Andayani menyebutkan, setelah mengetahui ada anggota grup senam yang terkonfirmasi Covid-19 pada 20 Maret 2021, selanjutnya Puskesmas Penusupan melakukan tracing pada peserta senam dan kontak eratnya sebanyak 67 orang. “Hasil pemeriksaan, 18 orang terkonfirmasi positif, empat orang negatif, dan 45 orang masih menunggu hasil laboratorium,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Penusupan, Guntur Zagiyat Yudiansyah mengatakan, peserta grup senam berasal dari RT 01, 02, 03 dan 04, RW 08 Desa Penusupan. “Kami telah memberikan bantuan berupa sembako, susu dan vitamin senilai Rp 200.000 bagi warga yang isolasi mandiri ,”jelas Guntur.

Guntur menyebutkan, selain memberikan bantuan pangan , pemerintah desa jug amenyiapkan gedung eks Puskesmas Penusupan sebagai tempat isolasi bagi warga yang positif Covid-19. Namun, warga menghendaki melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan alasan lebih nyaman dan tenang.

Adapun, sampai tanggal 25 Marer 2021 tercatat di Kabupaten Tegal tercatat 5.169 kasus terkonfirmasi positif. Dari jumlah itu, 216 kasus meninggal dunia, 4.771 kasus sembuh, 42 kasus dirawat dan 141 kasus menjalani isolasi mandiri.

(T04-red)

BERITA LAINNYA