Take a fresh look at your lifestyle.

IKBT-BA Jadi Duta Masyarakat Jawa Tengah di Jabodetabek

195

TEGAL – Keberadaan Ikatan Keluarga Besar Tegal-Bahari Ayu (IKBT-BA) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), dinilai menjadi duta masyarakatnya Jawa Tengah oleh Gubernur, Ganjar Pranowo. Hal ini mengemuka, usai perwakilan Ganjar menghadiri pelantikan pengurus IKBT-BA periode 2019-2022 akhir pekan lalu.

Sedikitnya 60 pengurus IKBT-BA periode 2019-2022 resmi dilantik oleh Ketua MPP IKBT-BA, M Joesro, sesaat sebelum gelaran Rapat Kerja digelar. Hadir mewakili Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Kepala Badan Penghubung, Jawa Tengah, M Wahyu Alamsyah.

Dalam sambutan Gubernur, Wahyu mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyambut baik kegiatan yang dilakukan sebagai kelanjutan atas Musyawarah Besar (Mubes) dan Pemilihan Ketua IKBT-BA masa bakti 2019-2022.

“Raker ini hendaknya dioptimalkan untuk merapatkan barisan, meningkatkan koordinasi dan konsolidasi. Termasuk ngguyubke ati, lan daya cipta, guna menyusun serta memantapkan program kerja empat tahun mendatang,” sebutnya.

Wahyu juga meminta, kinerja IKBT harus disertai dengan evaluasi program kerja, sehingga hal baik yang telah terbangun tetap bisa dilanjutkan, bahkan ditingkatkan. Jika sesama pengurus mampu merasa, memiliki kehendak dan mau berkarnnya, pihaknya yakin apa yang dirumuskan akan bisa terwujud nyata.

“Melalui organisasi ini, saya dan panjenengan sami ingin bisa menunjukkan bahwa masyarakat Jateng di manapun berada selalu bisa menjadi contoh akan kuatnya nilai paseduluran. Tunjukkan pula, bahwa masyarakat Jateng itu menjadi bagian dari solusi atas persoalan bangsa,” katanya.

Artinya, sambung Wahyu, ikatan lokalitas kedaerahan harus dijaga dengan baik, tetapi tanpa melupakan semangat nasionalisme kita sebagai bagian dari anak-anak bangsa Indonesia. Keberadaan IKBT-BA di wilayah Jabodetabek juga dianggap sebagai duta masyarakat Jawa Tengah.

Rapat kerja IKBT-BA sendiri digelar di Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII), Cipayung, Jakarta Timur dengan mengusung  tema ‘Merajut Perseduluran Wong Tegal dalam Membangkitkan Produk-produk Tegal sebagai Jepang-nya Indonesia dan Gerakan Nasional Mangan di Warteg’. (haikal/red2)

BERITA LAINNYA