Take a fresh look at your lifestyle.

IBI Cabang Kabupaten Tegal Terbaik I Pelayanan KB Sejuta Akseptor     

223

SLAWI-Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII Tahun 2020 dan Hari Ulang Tahun ke-69 IBI  serta Hari Bidan Sedunia, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tegal turut andil menyukseskan program Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor yang digelar Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada 29 Juni lalu.

Pelayanan KB yang dilakukan IBI Kabupaten Tegal bahkan berhasil melampaui target . Dengan target Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) sebanyak 700 akseptor Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) implant, dapat terealisasi  1.539 KB implant dan IUD.

Atas  capaian dalam Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, IBI Cabang Kabupaten Tegal berhasil mendapat predikat terbaik I dalam lomba Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor yang diadakan BKKBN Perwakilan Jateng.

Piagam dan penghargaan diserahkan oleh Ketua Pengurus Daerah IBI  Jateng, Sumarsih, S.ST, M.H.  di Ruang Rapat Bupati Tegal, Senin (27/7). Turut menyaksikan penyerahan  piagam dan penghargaan Kepala  BKKBN Perwakilan Jateng Martin Suanta, Bupati Tegal Umi Azizah dan Plt Kepala  Dinas P3AP2 dan KB Kabupaten Tegal, Retno Suprobowati.

Ketua IBI Cabang Kabupaten Tegal, Yeti Nurul Salatin, S.Tr. Keb mengatakan, pelayanan KB serentak dimulai tanggal 17 sampai dengan 29 Juni 2020, dengan melibatkan 154 Pos Praktik Mandiri Bidan (PMB) dan Klinik Bidan yang tersebar di 19 Ranting Kecamatan.

“Setiap PMB atau klinik ditarget  untuk memasang implant sebanyak lima calon akseptor dengan target 700 akseptor MKJP implant. Realisasinya banyak PMB yang melampaui target , sehingga tercapai 1.539 akseptor,”jelas Yeti.

Yeti menjelaskan,  dengan adanya pandemi Covid-19, pelayanan KB pun dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Para  bidan menggunakan APD  level 2. Demikian pula akseptor yang datang juga menerapkan protokol kesehatan. Pelayanan KB juga dilakukan secara terjadwal agar tidak menimbulkan kerumunan di tempat pelayanan.

Yeti menyebutkan, atas kesuksesan yang dicapai, Dinas  Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2 dan KB) Kabupaten Tegal akan memberikan sertifikat lomba capaian KB  MKJP tertinggi bagi IBI Ranting Kecamatan dan Praktek Mandiri Bidan serta sertifikat penghargaan bagi PMB yang berpartisipasi dalam Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di Kabupaten Tegal Tahun 2020.

Untuk capaian KB MKJP tertinggi dari Ranting Kecamatan, meraih juara 1 yakni IBI Ranting Kecamatan Lebaksiu (217 akseptor), disusul oleh IBI Ranting Kecamatan Balapulang  sebagai juara 2 (167 akseptor) dan IBI Ranting Kecamatan Margasari sebagai juara 3 (152 akseptor). Selanjutnya IBI Ranting Kecamatan Suradadi sebagai juara harapan 1 (135 akseptor), IBI Ranting Kecamatan Bumijawa  sebagai juara harapan 2 (123 akseptor) dan IBI Ranting Kecamatan Pangkah  sebagai harapan 3 (97 akseptor).

Sementara capaian KB MKJP  tertinggi bagi Praktek Mandiri Bidan , sebagai juara 1 diraih Siti Iva Rifda Chomsiyah S.ST.M.M dari IBI Ranting Kecamatan Lebaksiu (130 akseptor), disusul Ndari Ernawati , S.ST sebagai juara 2  dari IBI Ranting Kecamatan Suradadi (58 akseptor) dan Kusniyati, S.S.IT sebagai juara 3  dari IBI Ranting Kecamatan Warureja (50 akseptor).

“Sertifikat penghargaan juga akan diberikan kepada PMB yang berpartisipasi dalam pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di Kabupaten Tegal ,”jelasnya. (Sari/Red-06)

BERITA LAINNYA