Take a fresh look at your lifestyle.

Hujan Es Guyur Wilayah Banjarharjo Brebes

111

BREBES, smpantura.com – Fenomena alam hujan es menguyur sebagian wilayah Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis sore (8/4). Kejadian ini membuat warga kaget, karena merupakan kejadian langka.

Informasi yang dihimpun smpantura.com menyebutkan, selain mengguyur di Desa Banjarharjo, hujan es ini juga turun di wilayah Desa Tegalreja dan beberapa desa lainnya.

Salah seorang warga Banjarharjo, Saefudin (41) menuturkan, sebelum hujan es turun, wilayahnya diselimuti mendung tebal yang datang dari arah selatan. Awan gelap ini muncul sejak siang hari dan menjadi penanda akan segera turun hujan. Tak lama, sekitar pukul 16.00, hujan deras pun turun. Hujan kali ini disertai butiran es sebesar kelereng.

“Hujan yang disertai angin ini turun dan ada butiran es-nya. Ukurannya sebesar kelereng. Jadi kalau mengenai atap seng, suaranya kencang kaya kejatuhan kerikil,” ujarnya kepada wartawan.

Selama hujan es berlangsung, kata dia, warga memilih berlindung di dalam rumah. Mereka takut terkena butiran es yang melesat cepat dari arah langit.

Terpisah, Kepala BPBD Brebes, Nuhsy Mansur, saat dikonfirmasi mengatakan, hujan es ini hanya terjadi di kawasan kota Kecamatan Banjarharjo. Ada beberapa daerah lain di sekitar Kecamatan Banjarharjo yang juga turun hujan, namun tidak disertai butiran es.

“Relawan kami melaporkan, hujan es hanya terjadi di sekitar Kecamatan Banjarharjo. Tadi jam 4 sore,” terangnya.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA