Take a fresh look at your lifestyle.

Vakum karena Pandemi, Cipok Teater Kembali Digelar

TEGAL, smpantura.com – Geliat berkesenian di Tegal kini mulai kembali bergulir, meski dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan keterbatasan gerak.

Para seniman Tegal baik kota maupun kabupaten, Minggu (5/12) menghadirkan kembali diskusi teater yang sudah lama terhenti selama satu setengah tahun akibat pandemi Covid-19.

Diskusi teater tersebut bertakjub CIPOK Teater “Moci Karo Ndopok Teater”. Cipok Teater merupakan wadah diskusi seputar teater yang menghadirkan para narasumber berpengalaman di dunia teater.

Gelaran Cipok Teater edisi Desember 2021 dengan tema “Tugas Mulia Sang Aktor” menghadirkan pemateri teater yakni Olis, seorang aktor teater yang sudah bergelut di dunia teater Ibu Kota, Jakarta.

Olis menyampaikan bahwa tugas mulia seorang aktor di antaranya yakni dia mampu memerankan dengan baik tokoh yang telah dipercayakan pada dirinya.

“Sebuah proses teater yang benar harus dijalankan oleh seorang aktor untuk menuju kemuliaan. Seorang aktor harus membangun internal (rasa) pada dirinya, bukan hanya eksternalnya. Itulah problem klasik sekarang, yang dibentuk hanya eksternalnya (suara, artistik, atribut,) yang bertujuan untuk mengindah-indahkan saja, sedangkan internalnya kosong. Seperti halnya patung yang bagus tapi di dalamnya kosong. Aktor itu harus cerdas,” ucap Olis.

Menambahkan, Olis menyampaikan bahwa tugas mulia seorang aktor adalah memuliakan cerita, lawan main, semua orang yang terlibat pada proses, dan memuliakan setiap orang dalam kehidupannya.

Sementara itu, Ketua Kampung Seni Tegal S Mu’min menyampaikan bahwa giat Cipok Teater tersebut bergulir setiap bulan sekali di wilayah Kabupaten dan Kota Tegal.

“Kita jadwalkan di kota maupun kabupaten Tegal. Karena memang sejak 2019 lalu semua kegiatan vakum karena pandemi Covid-19. Sekarang ini kita mulai hidupkan lagi dengan sederet kebiasaan baru di masa pandemi,” tukasnya.

Turut hadir dalam diskusi tersebut, para seniman, komunitas teater kampus dan teater SMA se-Pantura bagian Barat Jawa Tengah. (T03-red)

BERITA LAINNYA