Take a fresh look at your lifestyle.

Umi Azizah Ajak FLP Berkolaborasi Semarakkan Literasi di Kabupaten Tegal

SLAWI, smpantura.com – Bupati Kabupaten Tegal, Umi Azizah, menyatakan perlunya menyemarakkan literasi di daerah dengan berkolaborasi bersama stakeholder terkait.

Hal itu disampaikan Umi Azizah, melalui Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Fakihurrokhim, saat mengukuhkan Kepengurusan Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Tegal periode 2022-2024, Kamis (12/5) kemarin.

Kegiatan yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan itu, berlangsung di Ruang Audio Visual Lantai II, Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ‘Seokarno Hatta’ Kabupaten Tegal.

Pengukuhan dibuka Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tegal, Eko Jati Suntoro, yang dilanjutkan dengan sambutan Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah.

“Literasi di Kabupaten Tegal perlu disemarakkan. Adanya kolaborasi antara FLP Cabang Tegal, dengan Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Kabupaten Tegal, dapat berjalan dengan baik melalui kegiatan pelatihan menulis dan penerbitan buku,” ujar Eko.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Forum Lingkar Pena Wilayah Jawa Tengah, Yustia Hapsari, yang membacakan Surat Keputusan tentang Kepengurusan Forum Lingkar Pena Cabang Tegal Periode 2022-2024.

Adapun komposisi kepengurusan Ketua FLP Cabang Tegal, Eri Fitniati, Sekretaris Bagus Johan Maulana dan Bendahara Nening S Khasbullah.

Usai pengukuhan, acara dilanjutkan dengan audiensi bersama kepengurusan baru yang memaparkan profil FLP, visi misi, kegiatan FLP dan juga mengenalkan buku-buku karya anggota FLP Tegal.

Acara yang juga dihadiri perwakilan Bappeda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten Tegal serta perwakilan ormas PD Muhammadiyah Kabupaten Tegal ini mendapat sambutan yang sangat baik dan mereka sangat mendukung program kerja FLP.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran pengurus FLP Cabang Tegal berharap, dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Tegal dan ormas dalam hal pengembangan literasi di Kabupaten Tegal.

Seperti diketahui, minat baca dan literasi masyarakat Kabupaten Tegal masih perlu ditingkatkan, mengingat masih minimnya jumlah pengunjung di perpusda dan perpustakaan sekolah.

Sementara, dua karya dari pengurus FLP Cabang Tegal Nening S Khasbullah yang berjudul ‘Nyanyian Kembang Tebu’ serta ‘Tuan Halbosh dan Legenda Desa Guci’ dapat menjadi bacaan yang menarik bagi warga Kabupaten Tegal.

Sebab, latar belakang cerita pendek tersebut adalah pabrik gula Pangkah serta Desa Guci yang notabene berlokasi di kawasan Kabupaten Tegal.

“Melalui karya-karya ini, kami berharap dapat ikut andil dalam memperkenalkan keindahan alam maupun tempat bersejarah di Kabupaten Tegal. Besar harapan kami, karya ini dapat terserap dengan baik di perpusda maupun di sekolah-sekolah,” ucap Nening saat audiensi.

Selain itu, Eri Fitniati juga berharap, FLP Cabang Tegal dapat menyelenggarakan pelatihan menulis di sekolah-sekolah, baik untuk siswa maupun untuk guru. Usulan terkait penulisan buku biografi Bupati Tegal, Umi Azizah pun mengemuka.

“Tidak banyak perempuan terjun ke dunia politik, apalagi sampai menjadi bupati perempuan yang pertama di Kabupaten Tegal. Sayang jika tidak diabadikan menjadi sebuah buku biografi,” tutupnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA