Take a fresh look at your lifestyle.

Pendaki Bentangkan Merah Putih 100 Meter di Gunung Slamet

- Ekspedisi di Hari Sumpah Pemuda

80

Slawi, smpantura.com – Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93, sejumlah pendaki gunung dari berbagai daerah yang tergabung dalam Gerakan Bersih Gunung Indonesia (GBGI), melaksanakan Ekspedisi Sumpah Pemuda dan bersih gunung di atap langit Jateng, Gunung Slamet.

Ekspedisi di gunung tertinggi kedua di Jateng ini, dilaksanakan 26 sampai 28 Oktober 2021. Sedikitnya 100 pendaki gunung turut dalam acara tersebut. Di antaranya dari Jateng, Jatim, Kalimantan , Sumatera, DKI Jakarta,Bandung, DIY dan Lampung. Pendakian dilakukan melalui basecamp Kompak, Guci, Kabupaten Tegal.
Turut pula dalam ekspedisi tersebut Sabar Gorky, pendaki disabilitas berkaki satu asal Solo yang telah telah berhasil mendaki puncak-puncak tertinggi dunia antara lain Carstensz di Papua dan Elbrus di Rusia. Selain itu, Yasmin pendaki cilik berusia 8 tahun asal Desa Rembul, Kecamatan Bojong , Kabupaten Tegal, yang mendaki bersama orangtuanya, pasangan Khodijah dan Jalil.
Serangkaian acara dilaksanakan dalam ekspedisi tersebut. Diantaranya membentangkan bendera merah putih sepanjang 100 meter di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada Rabu (27/10). Para pendaki dari berbagai daerah di nusantara ini juga melaksanakan bersih gunung pada Kamis (28/10).

Koordinator pendakian, Ocan mengatakan, untuk melaksanakan Ekspedisi Sumpah Pemuda di Gunung Slamet telah dilakukan persiapan matang. “Persiapan kami sangat matang. Dari awal membentuk panitia , tidak ada kendala,”tuturnya.

Ocan menyebutkan, dalam kegiatan tersebut juga diadalan sesi berbagi pengalaman pendakian dengan Sabar Gorky. Dalam sesi tersebut, Gorky memberikan motivasi kepada para pendaki.
“Bahwasanya pendaki gunung sekarang kurang ilmu pengetahuan. Hanya sebatas naik gunung untuk instastory. Padahal naik gunung tidak hanya seperti itu,”tuturnya.*

(T04-Red)

BERITA LAINNYA