Take a fresh look at your lifestyle.

Bikin Lampu Depan Mobil Mengkilat, Ini Tipsnya Ala Anggota TNI di Brebes

BREBES, smpantura.com – Kondisi kaca lampu depan mobil yang suram, tentu akan menggangu tampilan kendaraan. Meski kondisi mobil sudah tua, tetapi dengan lampu depan yang mengkilat, akan semakin mempercantik tampilannya.

Banyak cara bisa dilakukan untuk membuat kondisi lampu depan mobil menjadi mengkilat. Salah satunya tips yang diberikan anggota TNI Kodim 0713 Brebes, Sertu Sunardi ini. Pria yang sehari-hari bertugas di Bagian Angkutan Kodim 0713 Brebes ini, mencoba berbagi ilmunya.

Cara mengkilapkan lampu depan mobil ala anggota TNI ini, ternyata cukup mudah dan murah.
Langkah pertama, perlu dipersiapkan sejumlah alat yang dibutuhkan. Yakni, amplas ukuran 2000, rubbing compound, rubbing pengkilap, dan air.

Setelah sebuah peralatan ini ready, lampu mobil yang akan dibersihkan, dibasahi dengan air secukupnya. Selanjutnya, amplas juga dibasahi air. Setelah itu, gosok kaca lampu mobil dengan amplas yang sudah basah, hingga kaca benar-benar halus.

Setelah proses ini selesai, lampu dibersihkan dengan air, dan dilap hingga kering. Setelah proses itu, barulah lampu dikeringkan dengan lap, kemudian mulailah proses digosok dengan compound sampai beberapa kali. Proses finishing adalah menggosok kembali lampu yang sudah di compound dengan pasta pengkilap.

“Proses ini sebaiknya dilakukan minimal 3 kali, agar hasilnya lebih maksimal. Kuncinya adalah lampu kendaraan di amplas sampai benar-benar halus, dari yang semula berwarna kuning sampai menjadi putih,” ungkap Sunardi.

Selain untuk lampu depan mobil, tips Sunardi ini juga bisa digunakan untuk mengkilatkan lampu depan sepeda motor.

“Semoga tips ini bermanfaat, sehingga mobil yang kita miliki bisa terawat dengan baik,” pungkas Sunardi.

Tips yang dibagikan Sunardi ini, ternyata sudah pernah dipraktikan Aan Setyawan, anggota TNI Kodim Brebes lainnya. Aan mengaku, hasilnya sangat memuaskan. Namun langkah paling berat adalah saat 3 proses menggosok, yakni mengamplas, mengcompound, dan finishing. Ini karena cukup menguras tenaga. Di sisi lain, dibutuhkan juga ketelatenan dan kesabaran. “Selamat mencoba dan membuktikannya sendiri,” ucapnya. (T07-red)

BERITA LAINNYA