Take a fresh look at your lifestyle.

Hindari Tindak Kejahatan Saat COD, Ini Tips dan Triknya

111

BREBES – Kasus tindak kejahatan yang bermodus Cast On Delivery (COD) , kini marak terjadi di wilayah Kabupaten Brebes. Tercatat ada dua kasus berkodok COD yang terjadi di Kota Bawang. Bahkan, salah seorang korbannya Rifna Miladianur (16), seorang pelajar SMK masih menjalani perawatan intensif di RSUD Brebes.

Transaksi dengan model COD saat ini memang menjadi pilihan masyarakat, khususnya saat bertransaksi secara online melalui media sosial (medsos). Namun belakangan, cara itu dijadikan salah satu modus untuk tindak kejahatan orang-orang tidak bertanggung jawab. Kapolsek Wanasari, AKP Mulyono berbagi tips agar masyarakat bisa waspada dan terhindar dari tindak kejahatan saat melakukan COD.

Menurut AKP Mulyono, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan COD, baik bagi penjual atau pembelinya. Pertama, baik penjual atau pembeli harus selektif terhadap orang yang akan diajak COD. Minimal harus mengetahui identitas diri orang yang akan diajak bertemu, seperti mengenali wajah, mengetahui nomor telepon dan hindari terhadap akun-akun media sosial yang tidak jelas. “Baik penjual maupun pembelinya, harus selektif. Artinya, berhati-hati terhadap orang yang akan diajak bertemu ini. Sebab, dalam COD ini orang yang akan diajak bertemu biasanya hanya sebatas kenal melalui media sosial. Cek dulu akunnya, itu akun asli atau akun dengan identitas tidak jelas,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut dia, tentukan tempat untuk bertemu atau bertransaksi di lokasi yang aman. Artinya, bukan di tempat yang sepi dari aktivitas masyarakat. Usahakan, memilih tempat bertemu di lokasi yang ramai, sehingga banyak orang yang melihat. Selanjutnya, baik pembeli atau penjual, saat melakukan COD jangan seorang diri, tetapi membawalah teman. Hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi ketika yang akan diajak COD mempunyai niat jahat. “Langkah-langkah ini perlu diperhatikan, sehingga masyarakat bisa aman dalam melakukan COD,” pungkasnya.

(T07-red)

BERITA LAINNYA