Take a fresh look at your lifestyle.

Hasil Swab, 1 Warga Brebes Positif Covid-19

3.477

BREBES – Satu warga Brebes dinyatakan positif terpapar virus korona (covid-19). Hal ini diketahui dari hasil swab yang dilakukan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Brebes di Laboratorium Korona Salatiga.

Sementara dari hasil swab itu, juga diketahui sebanyak 20 warga yang masuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hasilnya negatif.

“Dari sebanyak 21 hasil swab yang telah keluar tadi malam, hasilnya 20 orang negatif dan 1 positif,” jelas Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Brebes, Idza Priyanti, Selasa (5/5).

Dia menjelaskan, total PDP di Brebes yang sudah dilakukan swab sebanyak 49 orang. Dari jumlah itu, yang baru keluar hasilnya sebanyak 21 orang dan 1 orang positif. Sedangkan sisanya sebanyak 28 orang lainnya masih menunggu hasil swab. “Satu orang positif ini sekarang di isolasi di RSUD Brebes,” terangnya yang juga Bupati Brebes.

ZONA MERAH

Menurut dia, dengan adanya satu pasien positif ini, wilayah Brebes per tanggal 5 Mei dinyatakan sebagai zona merah. Untuk itu, berbagai langkah antisipasi terus ditingkatkan, termasuk mewajibkan seluruh warga Brebes untuk memakai masker. “Terhitung mulai hari ini (5/5), Brebea sudah menjadi zona merah Covid-19, karena ada satu orang yang posotif. Kami saat ini mewajibkan warga di Brebes harus memakai masker,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Sartono menambahkan, satu pasien positif itu berasal dari klaster Gowa. Artinya, pasien tersebut mempunyai riwayat pulang dari kegiatan Gowa Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu. “Dark total 21 orang PDP yang hasil swabnya sudah keluar, 4 di antaranya dari klaster Gowa, termasuk 1 orang yang positif,” pungkasnya.

(Setiawan-red2)

BERITA LAINNYA