Take a fresh look at your lifestyle.

Hasil Rapid Test Positif, 12 Orang Dikarantina di Islamic Center Brebes

280

BREBES – Sebanyak 12 orang yang dinyatakan positif dari hasil rapid test virus korona (covid-19), mulai menjalani karantina di Islamic Center Brebes, Jumat (24/4). Mereka kesemuanya berasal Kecamatan Bantarkawung, Brebes, yang merupakan peserta kegiatan Itijma di Gowa, Sulawesi Selatan.

“Mulai hari ini, sebanyak 12 orang yang positif sesuai hasil rapid test dikarantina di Islamic Center Brebes. Laporan terakhir yang kami terima, saat ini mereka sudah berangkat dan diperkirakan sampai tempat karantina sore ini,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Sartono ditemui di Islamic Center Brebes.

Dia menjelaskan, 12 orang itu masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) covid-19. Itu karena secara fisik kondisi mereka saat ini sehat, tetapi saat di rapid test hasilnya positif. Untuk memastikannya, ke-12 orang tersebut juga sudah diambil swab. Hasil swab baru akan diketahui dalam kurun waktu tiga hari kedepan. “Sambil menunggu hasil swab, 12 orang ini kami karantina di Islamic Center. Mereka ini orang sehat sehingga untuk karantina tidak di rumah sakit,” terangnya.

Menurut dia, selama proses karantina semua kebutuhan 12 orang tersebut akan dijamin pemerintah daerah. Selain itu, dalam proses karantina tersebut pihaknya juga bekerjasama dengan jajaran Polri, TNI dan Satpol PP. Mereka nantinya yang akan menjaga lingkungan karantina, sehingga terjamin steril dari aktivitas masyarakat lain. “Jadi tidak sembarangan orang bisa masuk lingkungan karantina ini. Terhitung sejak saat ini, gerbang utama masuk islamic center ditutup sementara untuk umum. Ini sebagai upaya antisipasi,” ujarnya.

Sesuai informasi dari pengelola Islamic Center, sambung dia, total jumlah kamar yang disiapkan sebanyak 18 unit. Satu kamar mempunyai 2 tempat tidur, dengan fasilitas kamar mandi dalam. Sementara untuk karantina bagi 12 OTG tersebut hanya butuh 6 kamar. “Semua kebutuhan saat ini sudah siap. Termasuk, 6 kamar yang akan ditempati 12 OTG tersebut,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA