Take a fresh look at your lifestyle.

Hasil Rapid Test, Empat Warga Brebes Positif Covid-19

721

BREBES – Sebanyak empat warga Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, diketahui positif virus korona (covid-19) dari hasil rapid test, Senin (20/4). Mereka mempunyai riwayat pulang dari Goa, Sulawesi Selatan sebagai jemaah Ijtima zona Asia tahun 2020. Ironisnya, rapid test itu dilakukan setelah sebulan para jemaah tersebut pulang ke kampung halamannya.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Bantarkawung Eko Supriyanto mengatakan, jumlah jamaah Ijtima di Goa asal Bantarkawung sebanyak 32 orang. Mereka pulang ke Bantarkawung sejak 24 Maret lalu. Setelah melihat perkembangan, mereka kemudian menjalani pemeriksaan. Sebanyak 28 orang menjalani pemeriksaan di puskesmas Bantarkawung dan 5 orang di Puskesmas Buaran. Dari jumlah itu, 4 orang menjalani rapid test di RSUD Bumiayu dan hasilnya positif. “Jadi yang positif hasil rapid testnya ada 4 orang. Tapi, untuk memastikan hasil ini mereka saat ini langsung di bawang ke RSUD Brebes,” ujarnya yang juga Camat Bantarkawung, saat dihubungi melalui telepon, Senin (20/4).

Menurut dia, pihaknya saat ini terus melakukan tracking terhadap jaamaah yang mempunyai riwayat pulang dari kegiatan di Sulawesi Selatan tersebut. Sebab, dari awal warga banyak yang tidak jujur. Namun setelah mengetahui ada yang positif hasil rapid test, warga baru mau jujur. “Awalnya kita tahun hanya ada 27 orang yang mengikuti kegiatan di Sulawesi Selatan ini. Tapi, sekarang bertambah menjadi 32 orang. Saat ini kami terus melacak warga yang mempunyai riwayat ini untuk diperiksa dan dilakukan upaya pencegahan,” sambungnya.

Sementara Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Imam Budi Santoso membenarkan adanya warga di Bantarkawung yang hasil rapid testnya positif. Menurut dia, rapid test itu dilaksanakan di RSUD Bumiayu. Setelah diketahui hasinya positif, keempat orang itu kini dibawa ke RSUD Brebes untuk menjalani pemeriksaan lanjutan dan dilakukan karantina. “Empat pasien ini sore ini (kemarin-red) sedang dalam perjalanan ke RSUD Brebes untuk menjalani pemeriksaan swab. RSUD juga sudah menyiapkan satu ruang isolasi untuk empat pasien ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sesuai jadwal pemeriksaan RSUD Brebes, empat orang yang hasil rapid tesnya positif akan menjalani pemeriksaan swab besok (hari ini-red). Itu karena jadwal pemeriksaan swab di RSUD Brebes padat. Bahkan, hari ini (kemarin-red) ada 8 orang yang menjalani pemeriksaan swab. “Sesuai data dari Puskesmas Bantarkawung ada 23 orang, termasuk yang 4 orang ini. Kami saat ini akan menjalani rapid test lagi bagi 19 orang lainnya. Jika dari 19 orang ini hasilnya positif atau negatif, akan kami karantina sebagai antisipasi,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA