Take a fresh look at your lifestyle.

Hari Koperasi, Disdagkopukm Bagikan Ratusan Paket Sembako

123

SLAWI,smpantura.com – Dalam rangka Hari Koperasi Nasional ke-74, Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disdagkopukm) Kabupaten Tegal membagikan ratusan paket sembako kepada anaggota koperasi yang berdampak Covid-19 di Ruang Rapat Bupati Tegal, Senin (12/7).

Dalam Perayaan Hari Koperasi ke-74 itu, juga dilaksanakan pemotongan tumpeng yang dilakukan Bupati Tegal, Hj Umi Azizah didampingi Kepala Disdagkopukm Kabupaten Tegal, Suspriyanti dan perwakilan koperasi yang dilakukan secara online.

“Bantuan paket sembako sebanyak 200 paket dengan nilai Rp 150 ribu untuk anggota koperasi yang terdampak Covid-19. Bantuan itu berasal dari donasi gerakan koperasi se-Kabupaten Tegal,” kata Suspriyanti.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tegal Hj Umi Azizah menyampaikan selamat atas penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM Kategori Pejabat Instansi Pusat/ Daerah dari Kementerian Koperasi dan UKM kepada Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Tegal, Suspriyanti.

“Selamat atas prestasi Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Tegal, Suspriyanti. Semoga bisa memajukan koperasi di Kabupaten Tegal,” kata Umi.

Dikatakan, sejalan dengan tema Hari Koperasi yaitu Transformasi Digital Bisnis Koperasi Menuju Koperasi Modern yang Kuat, Mandiri dan Bermartabat, berarti ada upaya dan langkah bersama untuk merubah citra koperasi di tengah persaingan ketat pasar bebas dan terbuka. Dia mengharapkan agar tetap menjadi sokoguru perekonomian bangsa.

“Terlebih di masa pandemi Covid-19, proses disrupsi perkoperasian dalam mengikuti perkembangan teknologi digital harus secepatnya diwujudkan, bukan lagi diwacanakan. Saat-saat seperti inilah yang harus kita manfaatkan sebagai momentum perubahan,” ujarnya.

Ditambahkan, modernisasi koperasi tidak terlepas dari upya mendigitalisasi koperasi yang harus dipaksakan kepada 123.048 unit koperasi aktif. Hal itu sesuai Data Kementerian Koperasi dan UKM per 31 Desember 2019 dengan total anggota 22,46 juta orang. Modernisasi ini akan berhasil jika seluruh anggotanya melek literasi digital.

“Kiranya perlu ada klinik koperasi digital sebagai salah satu bentuk praksisnya. Upaya ini saya contohkan pada pilot project kita, Pemkab Tegal yang bekerjasama dengan PT Kasyr di lantai 1 Trasa Coworking Space untuk ikut membantu proses digitalisasi UMKM,” pungkasnya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA