Take a fresh look at your lifestyle.

Hari Ini Sistem E-TLE Mulai Diterapkan di Brebes

- Lima Kamera Pengintai Dipasang

41

BREBES, smpantura.com – Sistem Electronic Traffic Low Enforcement (E-TLE) atau tilang elektonik, mulai hari ini Selasa (23/3), resmi diterapkan di jalur Pantura Brebes. Ini menyusul diresmikannya sistem tersebut secara nasional oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prsbowo.

Sebanyak lima kamera pengintai dipasang untuk memantau pelanggaran lalu lintas, yang terjadi di jalur Pantura Brebes. Yakni, di simpang tiga Brebes Timur, Simpang Empat Gedung Nasional, Simpang Empat Pasar Induk, Alun-alun Brebes dan Simpang Empat Gereja (Jalan A Yani).

“Hari ini sistem E-TLE secara resmi sudah di Lounching oleh Bapak Kapolri, termasuk di Brebes ini. Jadi, mulai hari ini sistem ini sudah kami terapkan,” tandas Kapolres Brebes, AKBP Gatot Yulianto didampingi Kasat Lantas AKP Putri Noer Cholifah, Selasa (23/3), usai Launching di Mapolres Brebes.

Dia menjelaskan, dalam penerapan sistem ini, nantinya pengendara yang melanggar akan langsung terekam kamera. Setelah itu baru diproses oleh server untuk diterbitkan surat pemberitahuan pelanggaran. Namun untuk tahap awal, sistem ini masih diterapkan baru di wilayah jalur Pantura Kota Brebes, dan selanjutnya akan bertambah ke ruas jalan lainnya. “Nantinya, bagi pelanggar akan terekam kamera pengintai yang sudah dipasang ini,” jelasnya.

Menurut dia, sistem ini juga bisa diterapkan bagi kendaraan yang belum balik nama. Nantinya, surat pemberitahuan pelanggaran akan dikonfirmasi ke nama yang tertera di STNK, kemudian akan ditindalanjuti ke pemegang kendaraan saat ini. Karena itu, pihaknya berharap agar para pemilik kendaraan untuk balik nama. “Nah untuk pembayaran denda tilang ini, bisa dilakukan di bank BRI atau bank lain, setelah pelanggar melakukan konfirmasi pada link yang tertera pada surat pemberitahuan pelanggaran yang diterima pelanggar,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sistem E-TLE ini sudah diterapkan serentak di 12 Polda, termasuk di Polda Jateng dan Polred Brebes.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA