Take a fresh look at your lifestyle.

Hari Ini Ratusan Kendaraan Diputar Balik di Posko Penyekatan Perbatasan Jateng

77

BREBES,smpantura.com – Di hari pertama penerapan Larangan Mudik Lebaran, Kamis (6/5), ratusan kendaraan pemudik terpaksa diputar balik petugas. Kendaraan pemudik tersebut dikembalikan ke daerah asal dari hasil pemeriksaan di dua Posko Penyekatan Perbatasan Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Barat (Jabar). Yakni, di jalur Pantura Desa Kecipir, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, dan di Pintu Keluar Tol Pejagan.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah mengatakan, operasi pengetatan penyekatan kendaraan pemudik sudah mulai diterapkan sejak Kamis (6/5) dini hari. Dalam operasi kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena bagi seluruh kendaraan yang mengangkut pemudik dari luar kota dan mau masuk wilayah Jateng diputar balik. Bahkan, hingga siang ini (kemarin-red) tercatat sudah ada ratusan kendaraan pemudik yang diputar balik dari operasi penyekatan tersebut. “Jadi, sudah sejak semalam atau pukul 00.00 kami lakukan penyekatan ini, baik di posko Tol Pejagan dan Jalur Pantura Kecipir. Hasilnya, sudah ratusan kendaraan berplat nomor luar daerah kami putar balik, baik jenis bus, travel dan mobil pribadi maupun yang mempunyai indentitas dari luar daerah,” terangnya saat ditemui di Posko Penyekatan Pintu Tol Pejagan, Tanjung, Brebes.

Menurut dia, dari kendaraan yang telah diputar balik, tercatat paling banyak adalah jenis bus antarkota antarprovinsi yang tujuannya ke beberapa kota di Jateng. Kemudian, mobil pribadi dengan plat nomor Jakarta. “Semalem paling banyak bus antarkota antarprovinsi yang kami putar balik, ada sekitar 20 unit. Kemudian, di susul mobil pribadi dengan plat nomor B (Jakarta-red),” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk mengantisipasi ‘jalur tikus’ seperti di ruas Ciledug-Ketanggungan, jajarannya telah berkoordinasi dengan Polres Cirebon. Penyekatan dilakukan di wilayah Polres Cirebon, tepatnya di wilayah Ciledug Kabupaten Cirebon. Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan antisipasi di wilayah Ketanggungan dan Kersana. “Ini kami lakukan untuk mengantisipasi apabila masih ada pemudik yang lolos, dan akan langsung kami putar balik sehingga tidak masuk ke Brebes atau daerah Jateng lainnya,” tegas dia.

Terpisah, Kapala Posko Penyekatan Kecipir, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Ipda Rizky Renandi Putra menambahkan, sejak dilakukan pengetatan penyekatan pada pukul 00.00, petugas di poskonya sudah memutarbalik sebanyak 329 kendaraan pemudik berbagai jenis. Rinciannya, 5 unit travek, 7 unit mobil pribadi dan 317 sepeda motor. “Dari penyekatan di hari pertama larangan mudik ini, kami sudah memutar balik sebanyak 329 kendaraan pemudik. Mereka kami kembalikan ke daerah asalnya,” terang dia.

(T07-red)

BERITA LAINNYA