Take a fresh look at your lifestyle.

Hari Ini Bupati Resmikan Pembangunan RSU Ketanggungan Senilai Rp 62 M

201

BREBES – Bupati Brebes, Idza Priyanti meresmikan dimulainya pembangunan RSU Ketanggungan, Brebes, Senin (22/6). Untuk pembangunan rumah sakit yang menempati lahan bekas Terminal Ketamggungan itu, Pemkab Brebes mengelontorkan anggaran sekitar Rp 62 miliar. 

Peresmian pembangunan RSU Ketanggungan ditandai dengan pemasangan tiang pancang oleh Bupati Brebes, Idza Priyanti beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengatakan, pembangunan RSU Ketanggungan itu sebagai upaya meningkatkan pemerataan dan derajat kesehatan masyarakat, khususnya di wilayah Brebes bagian barat. “Besok (hari ini-red), pembangunan RSU Ketanggungan akan dimulai, ditandai dengan pemancangan tiang pancang. Sebelumnya kami akan melakukan bakti sosial, pembagian sembako kepada kaum duafa dan santunan anak yatim dan doa yang dipimpin Pengasuh Ponpes Assalafiyah Luwungragi KH Subhan Makmun,” ujarnya saat memantau persiapan pemancangan tiang pancang (ground breaking) pembangunan RSU Ketanggungan, Minggu (21/6).

Bupati menjelaskan, RSU Ketanggungan itu dibangun di lahan bekas Terminal Ketanggungan. Tepatnya, di Jalan RA Kartini No 20, Desa Ketanggungan, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. RSU tersebut nantinya dibangun di atas lahan seluas 13.000 meter persegi, dengan luas lantai bangunan 9.880 meter persegi. Adapun kapasitas RSU Ketanggungan dibangun untuk menampung sebanyak 152 bed tempat tidur rawat inap. Sedangkan untuk kebutuhan air setiap harinya, sebanyak 46.695 liter/hari atau 0.54 liter/detik. Kebutuhan itu dipenuhi melalui sumber air bawah tanah. “Untuk mengantisipasi banjir, nantinya dalam pembangunan akan dilakukan pengurugan lahan dengan tinggi sekitar 100 sentimeter,” jelasnya.

Menurut dia, RSU Ketanggungan dibangun untuk memberikan pemerataan layanan kesehatan yang baik dan terjangkau. Selain itu, untuk memenuhi ketersediaan sarana kesehatan menyongsong tumbuhnya Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB). Dari lokasinya, rumah sakit tersebut sangat strategis, karena bisa diakses dari berbagai kecamatan, utamanya di wilayah Brebes Barat. Jika sudah operasional, masyarakat tidak perlu susah-susah mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Brebes dan tidak perlu ke luar daerah. Namun mereka cukup di RSU Ketanggungan. “Masyarakat yang tinggal di Kecamatan Ketanggungan, Banjarharjo, Losari, Tanjung, Bulakamba, Kersana, Larangan dan sekitarnya dapat terlayani oleh rumah sakit ini,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes Akhmad Satibi menambahkan, berdasarkan perhitungan konsultan perencana pembangunan RSU Ketanggungan pada tahun 2019 lalu, total kebutuhan biaya untuk pembangunan rumah sakit hingga dapat fungsional dan operasional memerlukan anggaran sebesar Rp. 81.643.981.000. Dari dana tersebut untuk membiayai 4 bangunan dan landscape atau kawasan. “Empat bangunan tersebut meliputi Gedung A sebagai gedung penunjang yang terdiri dari 3 lantai. Kemudian, Gedung B sebagai gedung perawatan yang terdiri dari 3 lantai. Gedung C1 sebagai gedung service terdiri dari 1 lantai, dan Gedung C2 sebagai gedung service terdiri dari 1 lantai,” paparnya

Dalam pembangunannya, lanjut dia, akan dilaksanakan secara bertahap. Di tahun 2020 ini kegiatan Pembangunan RSU Ketanggungan dilaksanakan dengan pagu anggaran sebesar Rp 62 miliar, dari APBD murni tahun 2020. Sehingga terdapat kekurangan anggaran sekitar Rp 20 miliar. Sehubungan anggaran yang terbatas itu, maka terdapat beberapa lingkup pekerjaan yang belum dikerjakan. Sehingga, output pembangunan di tahun 2020 belum dapat fungsional dan operasional. “Insya Allah, di 2021 akan dilanjutkan pembangunan tahap 2, agar dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar dengan optimal, pungkasnya.

(setiawan-red2) 

BERITA LAINNYA