Take a fresh look at your lifestyle.

Harga Bawang Bombai Semakin Tak Terjangkau

97

 

TEGAL – Harga bawang bombai di Pasar Pagi Kota Tegal semakin meroket atau terus naik sejak satu minggu terakhir. Harga bawang bombai sekarang dijual hingga Rp 180 ribu per kilogram, sedangkan sebelumnya sekitar Rp 150 ribu per kilogram.

“Harga bawang bombai semakin tak terbendung malahnya, yaitu sampai Rp 180 ribu per kilogram, harga tersebut paling mahal dalam sejarah, sebab belum pernah harga bawang bombai sampai segitu. Padahal sebelumnya harganya Rp 150 ribu per kilogram sudah tergolong mahal sekali, sedangkan sekarang terus menunjukkan tren kenaikan terus,” ujar Rohati, pedagang bawang bombai di Pasar Pagi, Kota Tegal, kemarin.

Dia mengatakan, dengan adanya isu penyebaran virus korona sekarang ini berpengaruh terhadap stok barang barang impor. Salah satu komuditas pertanian yang banyak impor yaitu bawang bombai, dengan adanya kebijakan pemerintah yang membatasi impor barang otomatia berdampak pada stok barang di pasaran. Stok bawang bombai minim dan sulit diperoleh, kalaupun ada barangnya harganya sudah tidak terjangkau oleh masyarakat, khususnya dari kalangan rumah tangga. Stok bawang bombai sejak awal tahun lalu mulai terasa sulit diperoleh, namun di pedagang besar atau tingkat grosir masih ada stok, walaupun harga sudah mulai naik. Pada bulan Januari, kenaikan harga bawang bombai mulai terasa dan konsumen sudah mulai mengeluh. Harga normal bawang bombai antara Rp 20.000 per kilogram hingga Rp 30.000 per kilogram. Harga sekitar Rp 30.000 per kilogram sudah termasuk mahal, tetapi sekarang sudah mengalami kenaikan hingga ratusan persen dibanding saat kondisi normal.

“Bawang bombai di pasar sejak dua minggu ini sudah kosong, kalaupun ada stoknya sedikit, dan harga jualnya mahal. Para pedagang sudah tidak berani stok dalam jumlah banyak, apalagi pedagang kecil tidak berani stok barang,” imbuh Wijanarko, pedagang lainnya.

Ia mengatakan, harga bawang bombai sejak bulan Februari lalu terus mengalami kenaikan hampir setiap hari, meskipun jumlah pembeli mulai berkurang. Harga bawang bombai sekarang sudah mencapai Rp 180.000/ kilogram, harga tersebut dinilai sudah tidak normal. Banyak pembeli maupun pedagang mengeluh terkait dengan mahalnya barang itu. Selain itu, stok di pasaran minim dan tidak semua pedagang menjualnya. (H77/Red_03)

BERITA LAINNYA