Take a fresh look at your lifestyle.

Hadapi KIT, Perusda Aneka usaha dan PDAM Berganti Jadi Perumda

114

BATANG– Untuk bisa menjadi bagian dari konsorium pengelolaan Kawasan Industri Terpadu ( KIT), Bupati Batang Wihaji mengubah badan hukum perusahaan daerah (Perusda) beralih menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Sendang Kamulyan dan Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha.

Bupati Batang Wihaji mengatakan Peralihan Badan Hukum ini telah mendasari pada Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

” Peralihan ini sesuai amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD dimana diharapkan tata kelola perusahaan bisa lebih baik dan menjadi penopang Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujar Wihaji saat Rapat Paripurna Persetujuan DPRD, Senin (20/7).

Wihaji menyampaikan, dengan berdirinya KIT, Pemkab jangan sampai hanya jadi penonton. Karena itu perlu dilakukan penyesuaian rencana bisnis plan Perumda Aneka Usaha Kabupaten Batang di bidang pengembangan kawasan industri.

” Pemkab berupaya agar Perumda bisa menggerakan dan mengembangkan kepemilikan dengan ekspansi usaha di bidang jasa di kawasan industri terpadu. Oleh karena itu juga perlu dipersiapkan direksi yang kredible dan professional,” pinta Wihaji.

Wihaji menambahkan, pihaknya juga akan mengkaji lebih mendalam agar penyusunan rencana bisnis plan bisa terlaksana dengan baik.

” Kebijakan pengelolaan usaha tetap akan mengikuti perkembangan kemajuan perekonomian dengan tetap memperhatikan kearifan lokal,” katanya.

Wihaji juga menjelaskan Perumda Air Minum Sendang Kamulyan dan Perumda Aneka akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah untuk mendapatkan nomor register kemudian ditetapkan menjadi Perda. (hitto-red17)

BERITA LAINNYA