Take a fresh look at your lifestyle.

Guru Asal Brebes Juara Satu Lomba Inobel SD Tingkat Nasional

191

BREBES – Nurrohim, Guru SD Negeri Kaliwlingi 02 Kecamatan/ Kabupaten Brebes, berhasil meraih juara satu dalam perlombaan karya Inovasi Pembelajaran (Inobel) bagi guru SD tingkat nasional tahun 2019, Jumat (27/9), di Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan itu diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dalam upaya peningkatan mutu pendidikan nasional.

“Alhamdulilah, guru yang kami kirim untuk mewakili Brebes di lomba Inobel guru SD tahun 2019 ini berhasil meraih juara satu tingkat nasional. Ini sebuah prestasi yang sangat membanggakan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes, Tahroni, Jumat (27/9).

Dia mengatakan, dalam perlombaan yang dilaksanakan selama lima hari (23-27/9) itu, Kabupaten Brebes mengirim dua wakilnya. Yakni, Nurrohim dari SD Negeri Kaliwlingi 02 untuk lomba Inobel guru SD dan Dani Setiawan dari SMP Negeri 1 Bulakamba untuk lomba Inobel guru SMP. Keduanya berhasil masuk final setelah melalui tahapan seleksi yang sangat ketat. Dari ribuan peserta, terseleksi sebanyak 102 guru yang masuk finalis Inobel SMP dan sebanyak 94 guru untuk finalis Inobel SD. “Proses seleksinya memang sangat ketat dalam perlombaan ini. Namun Nurrohim berhasil meraih juara satu untuk Inobel guru SD dengan menyingkirkan sebanyak 94 orang finalis. Sedangkan Dani Setiawan baru sebatas masuk final,” ungkapnya.

Menurut dia, apa yang diraih dua guru perwakilan Brebes tersebut, merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Brebes. Apalagi mereka mampu mempertahankan originalitas pemikiran melalui model inovasi pembelajaran yang dipaparkan dalam perlombaan tersebut. “Prestasi yang diraih ini, kami harapkan bisa memicu dan memotivasi guru-guru lain. Sehingga mereka bisa menciptakan model pembelajaran yang inovatif dan merangsang siswa bergairah dalam belajar,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, keberadaan lomba Inobel itu memiliki arti penting dalam perkembangan pendidikan. Itu karena mempunyai tujuan akhirnya meningkatkan mutu pendidikan. “Kedepan kami harapkan juga ada karya-karya lain dari guru Brebes yang mampu melahirkan inovasi dalam pembelajaran, sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan di sini (Brebes-red),” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA