Take a fresh look at your lifestyle.

Gubernur Jateng Minta Isolasi Wilayah di Kota Tegal Menyesuaikan Aturan Pemerintah Pusat

177

TEGAL – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta isolasi wilayah di Kota Tegal menyesuaikan dengan aturanPembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro, Kamis (2/4).

Menurut dia, Gubernur juga meminta daerah lain membuat skenario pembatasan namun dengan persiapan matang.

“Sekarang kita minta (Pemkot Tegal) menyesuaikan dan evaluasi. Pelaksanaannya seperti apa, termasuk apa yang mesti dilakukan,” ujarnya.

Kusnendro menyampaikan, Gubernur juga mencontohkan Pemkab Wonogiri yang sudah berhasil mengumpulkan Rp 100 miliar untuk penanganan wabah virus Corona. Karena itu Kota Tegal dan daerah lain diharapkan bisa mengikuti langkah Pemkab Wonogiri.

Dia menjelaskan, lokal lockdown atau sekarang berganti nama menjadi isolasi wilayah terbatas dinyatakan gagal , ada dua hal yang melatar belakangi itu :
1. Persiapan pelaksanaan local lockdown tidak matang dari segi SDM, sarana prasarana kesehatan, rekayasa lalu lintas dan kompensasi untuk warga yang terdampak local lockdown
2. Melanggar UU no 6/2018 pasal 49 dan konsekwensi hukum bila tdk di patuhi
3. Dengan telah terbitnya PP 21 /2020 makin mempertegas bahwa local lockdown bukan opsi yg di pilih pemerintah daerah dalam penanganan wabah virus corona (covid 19), Pemerintah pusat lebih memilih opsi Pembatasan Social Dalam Scala Besar (PSSB). ”
Pada malam hari ini, Walikota Tegal telah membuka akses jalan yg telah di tutup artinya pelaksanaan local lockdown telah selesai di Kota Tegal dan saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada Walikota Tegal dan seluruh jajaran gugus tugas percepatan penanggulangan wabah virus corona yang telah bekerja selama ini dan mau mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Kusnendro menambahkan, oleh karena itu dia mengajak saat ini untuk bekerja bersama-sama untuk mengatasi wabah virus corona di Kota Tegal sesuai dengan arahan pemerintah pusat. “Semoga wabah virus corona ini cepat berlalu dan kita kembali bekerja sesuai dengan tugas dan kewajiban kita masing-masing.
Dan masyarakat Tegal bisa kembali melaksanakan aktifitasnya masing-masing dan perekonomian berangsur namun pasti kembali membaik,”tandasnya. (W
awan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA