Take a fresh look at your lifestyle.

Ganjar Minta Warga Tak Panik Hadapi Korona

109

TEGAL – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta kepada masyarakat Jateng tidak panik menghadapi virus korona atau Covid-19. Hal itu dikemukakan Ganjar, saat meninjau sarana dan prasarana Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) di Jalan DR Sutomo, Kota Tegal, Kamis (5/3) siang.

“Buat yang demam, pilek, batuk-batuk itu yang perlu pakai masker. Buat yang sehat tidak usah,” tegas pria berambut putih itu.

Ganjar berujar, dalam keadaan darurat, dirinya telah menyampaikan kepada sejumlah dokter dan profesor agar bisa membuat masker sendiri. Yakni dengan berbekal empat lembar kain kasa yang kemudian dijahit pada setiap ujungnya.

Setelah digunakan, bahkan masker tersebut dapat dicuci dan digunakan kembali (reuse-red). Namun demikian, pemerintah terus berusaha untuk memastikan kebutuhan masker di masyarakat tetap aman. Hingga saat ini, pihaknya masih menginventarisir jumlah pabrik masker di Jawa Tengah. Termasuk merinci kapasitas produksi, lokasi serta penambahan produksi disaat kebutuhan meningkat.

“Kita ingatkan, jangan sampai ada yang menimbun. Kemarin sudah ada yang ditangkap di Semarang dan kita akan terus bergerak. Saya berharap, tidak ada yang memanfaatkan keadaan dan menari-nari di atas penderitaan orang lain,” pintanya.

Usai meninjau fasilitas dan gudang logistik bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, Ganjar mengusulkan agar kapasitas laboratorium di Balkesmas dapat ditingkatkan. Mengingat setiap penanganan kesehatan yang membutuhkan laboratorium harus bertolak ke Jakarta.

Dia berharap, Balkesmas menjadi upaya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk melayani masyarakat lebih merata, termasuk untuk wilayah di Pantura Barat. Dia juga meminta staf khusus yang mengelola setiap bidang di Balkesmas secara pro aktif.

“Balkesmas sudah. Rumah sakit kita usulkan akan bangun lagi. Jadi wilayah Pantura Barat ini akses kesehatannya lengkap,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Pemprov Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan, Balkesmas menjadi upaya promotif, preventif dan pemberdayaan masyarakat. Untuk mencegah masyarakat di wilayah Pantura Barat dari penyakit.

“Kita memiliki gudang distributor untuk mendukung logistik di Pantura Barat,” tutupnya. (Haikal/red10)

BERITA LAINNYA