Take a fresh look at your lifestyle.

Fraksi PDIP Brebes Tolak Impor Beras

- Uki ; Jangan Sakiti Hati Petani

245

BREBES – Rencana pemerintah melakukan impor beras terus menuai penolakan. Selain dari petani, Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Brebes juga menolak keras terhadap rencana Menteri Perdagangan RI untuk mengimpor beras tersebut. Apalagi impor itu dilakukan saat daerah di Indonesia musim panen raya padi, termasuk di Brebes.

“Kami dari Fraksi PDIP Brebes menolak impor beras. Ini jelas akan menyengsarakan petani. Di saat petani panen raya padi, Kementerian Perdagangan justru mengelurkan kebijakan impor beras,” tandas Ketua Fraksi PDIP DPRD Brebes, Muhammad Rizki Ubaidillah, Sabtu (20/3).

Dia mengatakan, daerah-daerah lumbung padi di Indonesia, saat ini sedang panen raya, termasuk di Brebes. Namun justru Menteri Perdagangan berencana melakukan impor beras dengan alasan untuk stok pangan nasional. Jika kebijakan itu tetap dipaksakan, yang ada petani akan menjadi korban. “Petani saat ini sedang yuforia panen raya, jangan sampai mereka disakiti dengan impor beras,” ujarnya yang akrab disapa Uki ini.

Menurut dia, kebijakan impor itu mestinya diambil dengan melihat kondisi di lapangan, apa memang dibutuhkan atau tidak. Pihaknya mempertanyakan kenapa kebijakan impor justru diterapkan di saat panen raya? Apakah sudah dilakukan kajian-kajian atau belum. “Pak Menteri sekali kali turun ke sawah, dan ngobrol langsung dengan petani.Resapi keringat mereka, jangan sakiti mereka dengan impor,” tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, atas rencana impor beras itu, secara resmi DPP PDIP juga sudah menyikapinya. Bahkan, mendesak agar Menteri Perdagangan tidak memaksakan untuk melakukan impor beras tersebut. “Ingat, politik pangan nasional kita adalah politik pangan berdikari. Indonesia memiliki keanekaragaman pangan yang luar biasa,” pungkasnya.

T07_red

BERITA LAINNYA