Take a fresh look at your lifestyle.

Forkompincam Tegal Timur Blusukan Sosialisasi Protokol Kesehatan

95

TEGAL – Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Tegal Timur blusukan sosialisasi pencegahan Covid-19 hingga ke tingkat RT. Memanfaatkan kendaraan yang sudah dimodifikasi, mereka mengingatkan peran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kita libatkan unsur Pemerintahan, TNI Polri, TKSK, Karang Taruna hingga RT/ RW untuk melakukan show of force, mensosialisasikan protokol kesehatan. Dengan mengendarai motor yang dilengkapi pengeras suara, kita blusukan ke gang-gang kecil atau lontrong,” terang Camat Tegal Timur, Dores Indrian Nugroho disela kegiatan.

Lebih lanjut Dores menjelaskan, sepeda motor yang telah dimodifikasi itu telah dilengkapi rekaman ajakan mematuhi protokol kesehatan. Ingat pesan 3M, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir serta menjaga jarak aman.

Tak hanya melalui blusukan saja, nantinya, rekaman yang memiliki dual bahasa itu juga akan disebarkan kepada setiap musala dan masjid. Dimana pemutarannya, dilakukan pada saat menjelang waktu azan.

“Rekaman ajakan mematuhi protokol kesehatan kita buat dua versi. Pertama Bahasa Indonesia dan yang kedua Bahasa Tegal. Harapanya, pesan yang disampaikan dapat lebih ditangkap oleh masyarakat,” kata Dores.

Dari pantauan di lapangan, pelaksanaan blusukan tersebut dilakukan secara konvoi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Setiap masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker, langsung disambangi dan diberikan peringatan. Setelah itu, tim memberikan masker secara gratis.

Tak hanya itu, dalam perjalanan tim tersebut juga menyambangi salah seorang warga yang tengah menggelar pesta hajatan. Tanpa pandang bulu, tim kemudian memberikan sosialisasi kepada penyelenggara maupun tamu undangan.

“Kebetulan tadi ada hajatan nikah, kita ingatkan pengantinnya untuk tetap memakai masker. Alhamdulillah, di sana sudah tersedia tempat mencuci tangan, ada alat thermogun hingga menyediakan masker gratis,” pungkasnya.

Ditambahkan Dores, sesuai jadwal, pelaksanaan blusukan tersebut dilakukan setiap satu minggu sekali di masing-masing kelurahan. Adapun jumlah kelurahan di Kecamatan Tegal Timur terdiri dari Kelurahan Kejambon, Mangkukusuman, Mintaragen, Panggung dan Slerok. (*)

BERITA LAINNYA