Take a fresh look at your lifestyle.

Forkopimda Saksikan Nelayan Melarung Ancak Tujuh Kepala Kerbau ke Tengah Laut

106

 

TEGAL-Ribuan nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dan Persatuan Nelayan Kota Tegal (PNKT) menggelar tradisi sedekah laut dengan melarungkan ancak tujuh kepala kerbau ke tengah laut, Selasa (17/9).

Anggota Forkopimda Wali Kota Dedy Yon Supriyono, Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah serta Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto turut mengiringi nelayan ke tengah laut dengan menggunakan KAL. Maribaya milik Lanal.

Nampak ribuan warga antusias menumpang kapal nelayan yang berangkat dari Pelabuhan Kota Tegal. Meski kegiatan rutin tahunan sebagai bentuk rasa syukur nelayan kegiatan itu selalu diminati untuk disaksikan.

Sebelum dilarung, ancak berisi kepala kerbau diarak keliling Kota Tegal dan diruwat oleh Dalang Sarjono dari Kabupaten Tegal di depan halaman KUD Karya Mina.

Wali Kota Dedy Yon Supriyono berharap, kegiatan yang sudah menjadi tradisi turun temurun itu terus ada. Ia berharap, keberkahan senantiasa meliputi para nelayan dan keluarganya.

“Mudah-mudahan hasil tangkapan terus melimpah. Dan nelayan kita senantiasa diberikan keselamatan saat menangkap ikan di laut. Harus terus beribadah dan bersedekah kepada yang kurang mampu. Termasuk perhatian kepada para janda nelayan yang harus disantuni termasuk anak yatim piatu,” pungkasnya.

Ketua HNSI Kota Tegal Riswanto mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap bulan Muharam. Sebagai bentuk rasa syukur atas hasil tangkapan nelayan yang berlimpah.

Tak hanya itu, momentum sedekah laut juga dijadikan untuk berbagi dengan sesama. Seperti anak yatim, dan janda-janda istri dari para nelayan di Kota Tegal.

Sebelumnya, sejumlah rangkaian acara sudah digelar. Sebelum sedekah laut dimulai dengan tasyakuran, pentas wayang golek, upacara sedekah laut dilanjutkan larung ancak ke laut. (Setyadi/Red4)

BERITA LAINNYA