Take a fresh look at your lifestyle.

FH UPS Tegal Bantu 75.000 Liter Air Bersih

159

* Kekeringan Tiga Desa di Suradadi

TEGAL – Tindakan nyata dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat ditunjukkan civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Pancasakti (FH UPS) Tegal. Antara lain, dengan membantu memberikan 75.000 air bersih untuk kebutuhan hidup sehari hari di sejumlah lokasi di Kabupaten Tegal.

Dekan fakultas itu, Dr Achmad Irwan Hamzani SHi MAg didampingi tiga wakil dekannya mengatakan, kegiatan sosial yang dilakukan fakultasnya merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

”Kami tak hanya berkutat pada kegiatan seminar nasional, penelitian dan kegiatan lainnya di kampus, tapi perlu memperbanyak kegiatan sosial. Ini juga bentuk kepedulian kampus khususnya dari fakultas hukum, untuk membantu warga yang dilanda kesulitan air bersih saat kemarau panjang,” ucap dia.

Wakil Dekan III Imam Asmarudin SH MH didampingi Wakil Dekan I Kanti Rahayu SH MH dan Wakil Dekan II Dr Sanusi SH MH mengatakan, untuk distribusi bantua air bersih, tahap pertama kirimkan di tiga desa di Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. Yakni, Desa Kertasari, Desa Jatimulya dan Desa Harjosari.

Sambutan Hangat

Di tiap desa, digelontorkan air bersih masing-masing lima tangki truk. Satu tangki berisi 5.000 liter. Total tiap desa mendapatkan bantuan air bersih sebanyak 25.000 liter.

Sikap tanggap dan cepat yang ditunjukkan civitas akademikan fakultas tersebut, mendapat sambutan hangat warga. Mereka berbondong-bondong sambil membawa jerigen dan ember untuk mendapatkan air bersih.

Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Dr Eddhie Praptono SH MH yang juga pengajar di fakultas itu mengatakan, sejauh pemantauannya, bantuan air bersih sebanyak itu cukup memadai.

Banyak warga mengatakan, bantuan air bersih yang diterimanya, untuk kebutuhan memasak sayur, menanak nasi dan minum, kalau diirit-irit, cukup untuk satu minggu. Warga berharap bantuan air bersih dari pihak lain bisa dilakukan.

”Ya bantuan dari FH UPS Tegal, sebenarnya juga sebagai pemantik agar dermawan lainnya bisa ikut membantu warga yang kesulitan mendapatkan air bersih saat kemarau panjang ini,” ucap dia.

Dia juga mengungkapkan, pihak YPP selaku pengelola perguruan tinggi tersebut, juga sudah memiliki rencana untuk membantu air bersih di sejumlah lokasi lain di Kabupaten Tegal. Tujuannya agar bantuan itu dapat didistribusikan merata di lokasi lain yang belum tersentuh bantuan.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA