Take a fresh look at your lifestyle.

FGD TPA Kalijurang Hasilkan 10 Rekomendasi

151

BUMIAYU– Forum Grup Discussion (FGD) tentang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kalijurang, Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Brebes, menghasilan 10 rekomendasi. Kades Kalijurang Edi Riyanto, Rabu (14/8), berharap 10 rekomendasi itu bisa dijalankan sehingga masyarakat tidak lagi terkena dampak negatif dari keberadaan TPA.

FGD dilaksanakan Pemerintah Desa dan Forum Kesehatan Desa Kalijurang pada Selasa (13/8). Dalam acara itu, masyarakat mengeluhkan dampak negatif TPA dan minimnya perhatian pemkab kepada masyarakat sekitar TPA. Sejumlah warga juga terserang penyakit gatal gatal.

10 rekomendasi FGD itu adalah pembentukan kelompok peduli lingkungan Desa Kalijurang, mengawal dan memantau program Dinas Lingkungan Hidup, fasilitasi kegiatan kelompok dengan narasumber yang kompeten, seluruh kegiatan harus melibatkan DPRD, prioritaskan penanganan sampah, intensifkan komunikasi sosial dengan warga agar pengelolaan sampah tdiak terjadi konflik sosial.

Kemudian edukasi dan pemeriksaan terhadap kesehatan warga dan lingkungan di wilayah Desa Kalijurang, evaluasi dampak langsung dan tidak langsung keberadaan TPA di Kalijurang, tindaklanjut hasil FGD ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Brebes.”Poin poin rekomendasi itu akan dilaksanakan mulai minggu ke tiga bulan Agustus ini. Mudah mudahan bisa diwujudkan sehingga persoalan TPA bisa terselesaikan,” kata kades yang menjabat sejak 15 Juli 2019 itu.

Camat Tonjong Cecep A Suganda mengapresiasi gelaran FGD yang dilaksanakan Pemdes  dan Forum Kesehatan Desa  Kalijurang. Menurut dia, sinergi menjadi kunci pengelolaan TPA Kalijurang yang lebih baik.”Jadi tidak dengan saling melempar. Semuanya harus bersinergi melakukan tugas pokok dan fungsinya,” kata camat.

Menurutnya, persoalan sampah merupakan masalah bersama. Oleh karena itu, penanganannya harus bersama sama pula. Pemdes, kata dia, bisa berperan dalam pengelolaan sampah melalui Dana Desa. Demikian pula masyarakat, LH dan Dinas Kesehatan punya peran masing-masing dalam pengelolaan sampah.”Sesuai tugas pokok dan fungsinya, semua bersinergi meminimalisasi dampak TPA,” katanya.(Teguh Tribowo/ SMPantura.com)

BERITA LAINNYA